alexametrics

Banyak Peneliti Dunia Tertarik Kaji Islam Indonesia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Banyak peneliti dari dunia internasional semakin tertarik mengkaji pergerakan Islam di Indonesia. Selain karena kompleksitas masyarakat Indonesia, Islam Indonesia tetap damai dan harmoni.

Hal tersebut terungkap dalam International Conference, bertema The Contribution of Indonesian Islam to the World: Past Presentand Future, dilaksanakan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo di Hotel Pandanaran, Semarang, Rabu (13/11) kemarin.

Pengisi acara adalah Greg Barton dari Alfred Deakin Institute, Australia. Greg sangat sangat paham soal Indonesia, NU dan Muhammadiyah. “Karya-karyanya, banyak mengkaji seputar pergerakan pemikiran Islam di Indonesia,” kata Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (13/11).

Tak hanya itu, peneliti dari Amsterdam Belanda, Thijl Sunier, juga telah melakukan banyak penelitian terkait konstelasi muslim yang berhubungan dengan Indonesia. Karyanya tentang konstelasi muslim dan seputar Indonesia.

Baca juga:  Dua Pengedar Dibekuk, 8 Kg Sabu Diamankan

“Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah modernitas. Ini karena kompleksitas bangsa Indonesia yang heterogen. Maka perlu membangun Indonesia berkarakter agar ruh atau semangat Indonesia tetap terjaga,” imbuhnya. (cr3/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya