alexametrics

Terimbas Rob, Pantai Pasir Kencana Redup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Objek Wisata Pantai Pasir Kencana mulai redup. Sejumlah fasilitas di Pantai Pasir Kencana mengalami kerusakan akibat sering terkikis limpasan air laut. Bahkan tak jarang pengunjung yang datang hanya menyempatkan waktu sebentar untuk foto dan pergi begitu saja.

Para pedagang di lokasi tersebut pun terkena imbasnya. Disampaikan Putri Puspitasari seorang pedagang, mengatakan kondisi sepi sejak Lebaran Juli lalu. Menurutnya, sepinya lokasi Pasir Kencana karena kondisinya sudah tidak menarik lagi.

“Ya sebagian sudah pada rusak dan keropos fasilitasnya karena sering diterjang rob. Akhirnya pembelipun sepi, pendapatan berkurang. Dalam sehari mungkin hanya belasan orang saja yang datang,” ujar Putri Minggu (22/9).

Baca juga:  Kabel SUTET Meledak, Dua Terluka

Terpisah, Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan Sutarno mengakui kondisi wisata Kota Pekalongan sedang meredup akibat rob. Data sepanjang 2017 terdapat 103.567 pengunjung, 2018 menurun menjadi 71.730 orang, dan terakhir 2019 tercatat 37.488 orang.

“Faktor alam saat ini tidak bisa ditebak. Pengaruhnya sangat besar pada objek wisata kami. Salah satunya di Pantai Pasir Kencana saat ini fasilitasnya rusak karena rob. Maka upaya kami saat ini adalah menata kembali, wisata terebut. Upaya lain menarik wisatawan biasanya kami adakan acar rutin Kliwonan Show,” ujar Sutarno.

Sutarno mengatakan pemerintah berusaha membangun kembali kejayaan Pantai Pasir Kencana. Salah satunya dengan membangun sheet pile atau tebing pembatas di bibir pantai agar menghalau  limpasan air laut ke objek wisata.

Baca juga:  Percobaan Penculikan Anak Sekolah Gegerkan Warga

“Saat ini sedang dilakukan pemasangan tiang pancang menggunakan anggaran APBD Pustadaru Provinsi Jawa Tengah Rp 3,5 miliar. Dengan total pengerjaan selanjang 260 meter, selama 3 bulan ke depan. Tiang-tiang tersebut kurang lebih setinggi 10 meter, diharap mampu menahan limlasan air laut,” imbuh Sutarno.

Diharapkan setelah pekerjaan rampung, penataan kembali Pantai Pasir Kencana dan promosi wisata yang dilakukan dapat menarik minat wisatawan. (alf/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya