alexametrics

PDI Perjuangan Abaikan Koalisi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL—Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kendal tidak akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) manapun dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal 2020. Bahkan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu begitu percaya diri akan mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup) sendiri.

Demikian dikatakan Ketua DPC PDI Perjaungan Kendal, Akhmat Suyuti dalam konferensi pers pendaftaran penjaringan bakal Cabup Cawabup PDI Perjuangan Kendal di Kantor DPC PDI Perjuangan setempat. “Secara aturan pemilu,  kami sudah bisa mengusung sendiri tanpa harus berkoalisi,” tutur Akhmat.

Menurutnya, secara umum syarat minimal parpol bisa mengusung adalah memiliki perwakilan di DPRD Kendal 20 persen. Sementara jumlah total DPRD Kendal adalah 45 anggota. Maka untuk bisa mengusung sendiri, parpol harus memiliki minimal 9 kursi dewan.

Baca juga:  PGRI Jateng Kawal Guru Ikuti Seleksi PPPK Jateng

“Jika sembilan perwakilan saja, maka kami sudah bisa mengusung sendiri. Karena PDI Perjuangan Kendal memiliki  10 perwakilan alias 22 persen. Toh selama ini, hanya PDI Perjuangan saja yang berani mengusung pasangan calon (paslon) sendiri,” tegasnya.

Ia tidak mempermasalahkan jika tidak ada parpol yang tidak berkoalisi. Sebab komitmen PDI Perjuangan bisa mengusung paslon sendiri. “Perihal perkembangan situasi politik, nanti kami lihat seperti apa,” akunya.

Pendaftaran penjaringan bakal Cabup-Cawabup Kendal sendiri akan dimulai hari ini (19/9) sampai Minggu (22/9). Pengambilan formulir dan pendaftaran dapat dilakukan di kantor DPC PDI Perjuangan Kendal ataupun DPD Jateng mapun DPP.

Pihaknya menyadari jika penjaringan ini masih lama jangka waktu dari proses Peraturan KPU untuk pendaftaran paslon bupati dan wakil bupati yang baru akan dimulai Juni 2020. “Ini kami lakukan sesuai instruksi dari pusat bahwa DPC harus mulai melakukan penjaringan paslon,” tandasnya.

Baca juga:  Angkat Tema Spirit Jawa Tengah

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Kendal, Munawir mengatakan, meski penjaringan dilakukan lebih awal dari PKPU, namun untuk pengumuman atau penetapan paslon tetap dilakukan sesuai Peraturan KPU. “Artinya akan diumumkan mendekati waktu pendaftaran yang akan dilakukan KPU,” katanya.

Percepatan penjaringan ini lantaran ada beberapa elemen penilaian yang akan dilakukan oleh tim penilai dari DPP PDI Perjuangan. Yakni dari segi elektabilitas, popularitas dan seberapa besar keterwakilannya atau minat masyarakat terhadap para pendaftar. (bud/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya