alexametrics

Limbah Kulit Kacang Tanah Biakkan Bakteri Prebiotik

Mahasiswa Untidar Magelang Juara Favorit Pimnas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Hasil karya olahan limbah kulit kacang tanah atau Exotic milik Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Universitas Tidar (Untidar) Magelang berhasil meraih juara presentasi favorit dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 Tahun 2019 di Universitas Udayana Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019. Raihan ini cukup membuat bangga, pasalnya mampu merebut hati dewan juri dalam presentasinya.

Tim PKM yang beranggotakan Suwasdi (mahasiswa prodi agroteknologi 2016), Mahdalina Mursilati (mahasiswa prodi agroteknologi 2017) dan Surya Bagus Purnomo (mahasiswa prodi peternakan 2016), mampu membuat inovasi mengolah limbah kulit kacang tanah menjadi Extraordinary Peanut Shells Prebiotic (Exotic).

Ketua Tim Suwasdi mengungkapkan, Exotic memanfaatkan limbah dalam bidang teknologi pangan yaitu kulit kacang tanah yang dikaji secara optimal untuk menghasilkan makanan bagi bakteri prebiotik. Ide penelitian ini muncul gara-gara ia sering menemukan kulit kacang tanah terbuang sia-sia. Tidak banyak orang tahu sebenarnya kulit kacang tanah mengandung kandungan selulosa, hemiselulosa dan lignin yang dapat diubah menjadi glukosa untuk menutrisi bakteri.

Baca juga:  Pembiayaan Ultra Mikro Selamatkan Petani dari Jeratan Renternir

Saat ini bakteri prebiotik sudah mudah berkembang biak dengan adanya inulin, hanya saja harga inulin relatif mahal. Kulit kacang tanah mengandung selulosa yang tinggi sekaligus menjadi tempat tinggal dan berkembangbiak bakteri. Bakteri yang sudah berkembangbiak nantinya dapat digunakan menjadi bahan starter fermentasi makanan. “Sebagai contoh bahan makanannya adalah susu. Apabila bakterinya dimasukkan ke dalam susu dapat menghasilkan susu fermentasi,” jelas Suwasdi.

Dosen pembimbing Esna Dilli Novianto menyatakan kebanggaanya karena telah ikut mengantar Tim Exotic maju ke Pimnas. “Yang terpenting adalah ilmu dan pengalaman saat mengikuti Pimnas. Hal itu nantinya dapat dibagi kepada mahasiswa lainnya sebagai pemecut semangat muda Untidar untuk berprestasi,” tukasnya

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Kerja Keras Sosialisasi Vaksin

Humas Untidar Magelang Kusumo Wardani mengatakan, raihan ini cukup bergengsi mengingat banyaknya hasil karya lainnya dari peserta Pimnas. “Persaingan cukup ketat juga,” katanya. (had/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya