alexametrics

Antisipasi Hipertensi secara Mandiri

Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula menyelenggarakan program kemitraan masyarakat (PKM) dengan tema peningkatan self management hipertensi berbasis kelompok swabantu di Kelurahan Karang Roto, Kota Semarang. Dengan dukungan dari Kemenristek Dikti, program tersebut diharapkan mampu mengatasi tingginya angka kejadian hipertensi di Kota Semarang.

Dalam pelatihan, dihadiri sebanyak 13 kader Posyandu lansia dan para lansia penderita hipertensi. Mereka sangat antusias menghadiri pelatihan tersebut, untuk menambah pengetahuan tentang penyakit hipertensi dan penanganannya. Para pemateri antara lain Ns Iskim Luthfa MKep, Iwan Ardian SKM MKep, Joko Kuncoro SPsi MPsi, dan Agustin SPsi MPsi.

Menurut Iskim, seseorang yang sudah memasuki usia lanjut, kecenderungannya memiliki hipertensi. Namun hipertensi ini tergolong penyakit yang sifatnya silent killer, tanda dan gejalanya sering tidak disadari, sehingga pasien tersadar menderita hipertensi setelah mengalami komplikasi seperti stroke maupun penyakit jantung.

Baca juga:  Temukan Samurai dan Buku Jihad

“Hipertensi merupakan penyakit kronik. Setiap penderita diharapkan pintar mencegah hipertensi secara mandiri. PINTAR mencegah Hipertensi merupakan slogan yang setiap hurufnya memiliki makna yaitu P=Pola diet seimbang, I=Istirahat yang cukup, N=No smoking, T=Teratur kontrol tekanan darah, A=Atur stress, dan R= Rajin olahraga,” tuturnya.

Selain itu, peserta diajarkan praktik nyata meliputi senam hipertensi, senam anti stroke, teknik hidroterapy, dan manajemen stress melalui regulasi dan pengungkapan diri. (tri/bis/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya