alexametrics

Kurangi Kegawatdaruratan Medik Rumah Tangga Kebidanan Unissula Fokus Pengabdian di Sayung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Dosen Prodi S1 dan Profesi Bidan Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di wilayah Kerja Puskesmas Sayung I selama dua bulan, yaitu Juli-Agustus 2019. Mereka adalah Arum Meiranny beserta tim dari departemen neonatus, bayi, balita, dan anak pra sekolah lainnya, yaitu Endang Susilowati, Atika Zahria Arisanti, Endang Surani, dan Isna Hudaya serta beberapa mahasiswa.

Mereka berupaya mengurangi kecemasan para ibu balita dan kader dalam menghadapi kegawatdaruratan medik rumah tangga. Menurut Arum pelaksanaan kegiatan didasari oleh kurangnya pengetahuan kader dan ibu balita tentang kegawatdaruratan medik rumah tangga yang terjadi pada anaknya. Hal ini menyebabkan tingginya kecemasan yang dirasakan oleh kader dan ibu balita dalam menghadapi kegawatdaruratan medik rumah tangga.

Baca juga:  Mahasiswa UNSRI Belajar Ekonomi Digital, Berkaca pada Gojek

Salah satu upaya upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi kecemasan yakni melalui penyuluhan kesehatan. Tim memberikan penyuluhan ketika balita mengalami situasi: tersedak, terjatuh, mimisan, luka, tenggelam, pingsan, dan tersengat listrik. Pada saat melakukan penyuluhan, tim dibekali dengan phantom bayi dan leaflet.

Leaflet tersebut dibagikan kepada setiap kader dan ibu balita. Selain itu, dalam implementasi pengabdian masyarakat ini, kader dan ibu balita merasakan lebih nyaman dengan adanya sharing dengan sesama kader dan ibu balita.

Dalam pelaksanaan kegiatan juga melibatkan bidan Mintarti dan Eni Rhomiyanti yang merupakan bidan di Puskesmas Sayung I Demak dengan tujuan supaya ada keberlanjutan program. (tri/ida)

Baca juga:  Selamat Datang Tahun Pilkada

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya