alexametrics

OMB UKSW 2019: Melayani, Jadi Inspirasi dan Bawa Perubahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Parade mahasiswa dengan didahului bendera / pataka tiap fakultas memasuki lapangan sepakbola Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin (19/8) membuka gelaran Pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2019. Kegiatan pengenalan lingkungan kampus ini dibuka secara resmi dengan penyematan tanda peserta kepada dua mahasiswa baru (maba) yakni Yayuk Kurniati Oruwo mahasiswi Fakultas Hukum asal Poso serta Alpha Fausta Ikrar Setyadi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi asal Salatiga. Lalu dilanjutkan pemukulan gong oleh Pembantu Rektor III UKSW, Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs., didampingi ketua panitia OMB 2019, Michael Bezaleel Wenas, S.Kom., M.Cs.

Disebutkan Michael, OMB UKSW kali ini diikuti oleh 3.335 peserta dengan mengangkat tema Lead to Serve, Inspire, and Change the World. Menurutnya OMB menjadi pintu gerbang bagi maba untuk memulai sebuah proses baru yaitu menjalani kehidupan menjadi mahasiswa. Sementara bagi UKSW, dikatakan bahwa OMB merupakan moment untuk melihat bahwa Tuhan masih mempercayakan maba untuk dilayani. Kegiatan OMB akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang yang diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan antara lain pengenalan visi misi, kegiatan dan budaya akademik UKSW, faculty day, inagurasi, serta serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “Pada bulan September mendatang kami juga akan menggelar sejumlah kegiatan pengabdian masyarakat seperti bersih lingkungan, pengaturan arus lalu lintas, pagelaran budaya Indonesia, serta karnaval sebagai bentuk kulonuwun pada warga Salatiga,” jelasnya.

Baca juga:  Si Sagu Mudahkan Supervisi Akademik Guru

Sementara itu Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., menyampaikan kepada seluruh maba bahwa di UKSW tidak ada jarak antara dosen dan mahasiswa. Di universitas dengan julukan kampus Indonesia mini ini, dosen dan mahasiswa merupakan rekan sekerja dalam mengolah ilmu pengetahuan. “Disini kita beragam, datang dari berbagai penjuru Indonesia, sudah sepatutnya saling menghargai keragaman, saling respect. Di UKSW, anda dididik untuk menjadi seseorang yang disebut sebagai creative minority. Ini adalah mereka yang punya keyakinan pada dirinya, jiwanya kuat,” tegas Neil.

Ditengah lingkungan sekitar yang bergerak sangat cepat dengan berbagai peristiwa yang belum diketahui, Neil menekankan bahwa UKSW mendidik mahasiswa untuk menjadi seseorang yang kuat jiwa dan keyakinannya. Maba akan diperlengkapi dengan perangkat ilmu pengetahuan dalam bidang yang dipilih. Ilmu pengetahuan tersebut diharap Neil tidak hanya untuk digunakan sendiri tapi untuk dibaktikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga:  801 Mahasiswa IAIN Salatiga Jalani Wisuda Daring

“Satya Wacana ingin menempatkan diri dalam konteks kebersamaan dengan masyarakat dan menjadi agen perubahan. Tema OMB yang sarat akan makna dipilih agar kita bersama-sama dapat memikul tanggung jawab. Belajarlah untuk memikul tanggung jawab tersebut, pada waktunya nanti anda akan menggunakannya untuk melayani sesama, menjadi inspirasi dan bukan tidak mungkin untuk membawa perubahan,” terangnya.

Dalam upacara pembukaan OMB tahun ini turut dilakukan penyerahan secara simbolis bibit pohon trembesi oleh Tri Setiadi, perwakilan orang tua maba kepada rektor UKSW untuk ditanam dan dirawat agar bertumbuh menjadi pohon yang kuat, meneduhkan dan bermanfaat bagi lingkungan. Simbolisasi penyerahan bibit pohon melambangkan orang tua yang menyerahkan putra putrinya kepada UKSW untuk bertumbuh bersama, ditempa dan dididik agar menjadi generasi muda yang membawa inspirasi serta perubahan dan kemajuan bagi Indonesia dan dunia.

Baca juga:  PLN Ramaikan Expo Hybrid 2022 Salatiga Sosialisasikan Kompor Induksi

Disinggung mengenai alasannya mempercayakan putranya berkuliah di UKSW, orang tua dari Alpha Fausta Ikrar Setyadi maba program studi Teknologi Informasi Fakultas Teknologi Informasi tersebut mengatakan bahwa sebagai salah satu perguruan tinggi di Salatiga, UKSW telah banyak mencetak lulusan berkualitas.(sas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya