alexametrics

Antre Demi Satu Kilo Daging

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG, Radar Kedu – Masjid Agung Kota Magelang di Kauman, Magelang Tengah, Kota Magelang hanya menyembelih 40 hewan kurban pada Idul Adha 2019. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya. Meski begitu, masyarakat antusias mengantre untuk mendapatkan 1 bungkus daging potong.

Sudah menjadi tradisi tahunan, takmir masjid membagi-bagikan daging kurban kepada warga Kota Magelang dan sekitarnya. Untuk mengambil 1 kilogram daging, warga harus mengantongi kupon yang dibagikan takmir masjid usai salat id.

Pada tahun ini, takmir masjid menyembelih 3 ekor sapi dan 27 ekor kambing. Sebelumnya, ada 5 ekor sapi yang disembelih. Takmir masjid hanya membagikan 700 girik atau kupon kepada warga umum. Sedangkan untuk warga setempat sekitar 300 bungkus.

Baca juga:  Kiai Nur Iskandar SQ Figur Santri Penakluk Jakarta

Panitia kurban Masjid Agung Ahmad mengatakan pihaknya tidak memiliki kriteria khusus bagi penerima kupon daging kurban. Warga Nambangan Sumiyati mengaku sudah sepuluh tahun ikut mengantre daging kurban di Masjid Agung. Ia selalu hadir lebih awal agar kebagian kupon.

Di Kabupaten Magelang, Bupati Zaenal Arifin meminta panitia kurban menggunakan besek untuk mengurangi sampah plastik. “Kita tinggalkan yang berbau plastik dalam pembagian daging kurban. Ini bagus pakai besek, lebih higienis,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin usai menyerahkan secara simbolis 22 hewan kurban kepada Ketua MUI Kabupaten Magelang KH Afiffudin LC di Masjid An Nur Mungkid Kabupaten Magelang.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veterinier (Kesmavet) Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang Tri Hartati menyebutkan terdapat 22 hewan kurban yang diserahkan kepada Masjid An-Nur yang terdiri dari 7 ekor sapi dan 15 kambing.
Tri Hartati mengatakan bahwa, jumlah populasi hewan kurban di Kabupaten Magelang mengalami surplus tiap tahun. Pasalnya, di tahun 2018, pihaknya memotong sapi 3.300 ekor. Sedangkan domba 12.000 ekor, dan kambing 9.000 ekor.

Baca juga:  Warga Muktiharjo Lor Tewas Tersambar KA Blora Jaya

Terpisah, kegiatan kurban di kampus SMA Taruna Nusantara menyembelih 23 ekos sapi dan 156 ekor kambing. Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang, Brigjen TNI (Purn.) Soebagio, S.IP menyatakan rangkaian Idul Kurban di SMA TN tidak hanya ibadah bagi siswa yang beragama Islam, tetapi media pembelajaran dan pendidikan bagi seluruh siswa SMA Taruna Nusantara, baik muslim maupun nonmuslim. (mg2/mg4/put/had/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya