26 C
Semarang
Selasa, 6 Juni 2023

Pengembangan Potensi Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Drumband Strategi Kemitraan

Oleh : Kodiyah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ki Hadjar Dewantara mendeskripsikan dasar pendidikan berhubungan kodrat kemerdekaan anak, yaitu kodrat alam dan kodrat zamannya. Kodrat alam, terkait dengan potensi atau bakat yang mereka miliki, ras, dan atau suku tempat berasal, hingga karakteristik lingkungan budaya daerah mereka.

Kodrat alam setiap peserta didik perlu diperhatikan oleh sekolah supaya peserta didik dapat mengembangkan potensi dalam diri mereka. Salah satu kegiatan yang dapat menjadi wadah pengembangan potensi peserta didik adalah ekstrakurikuler.

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler, menyebutkan kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu wadah pengembangan potensi peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler dapat menemukan dan mengembangkan potensi peserta didik, serta memberikan manfaat sosial yang besar dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain. Di samping itu, kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan fasilitas bakat, minat, dan kreativitas peserta didik yang berbeda-beda.

SD Negeri Sriwedari 2 menyelenggarakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Salah satu ekstrakurikuler yang menjadi unggulan sekolah adalah drumband.

Ektrakurikuler drumband ini diadakan rutin setiap dua minggu sekali, melibatkan guru sebagai pembimbing, komite dan wali murid sebagai pendamping. Melibatkan hampir 50 persen siswa sebagai anggota, dan pihak luar sebagai pelatih. Pelibatan tersebut merupakan sistem kemitraan dalam pengembangan potensi peserta didik.

Kemitraan dikenal dengan istilah gotong royong atau kerja sama dari berbagai pihak, baik secara individual maupun kelompok. Kemitraan adalah suatu kerja sama formal antara individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai suatu tugas atau tujuan tertentu (Notoatmodjo, 2003: 30).

Ekstrakurikuler drumband di SD Negeri Sriwedari 2 menjalin kerja sama dengan pihak di luar instansi yaitu Letda Caj.Bogi Aprilianto Katim Clarinet Satsikmil Ajen Akademi Militer Magelang. Pelatih profesional dihadirkan dari Akademi Militer (Akmil) untuk mengampu pelatihan drumband.

Hal ini didasarkan pada, kemampuan pelatih di instansi tersebut sudah terbukti baik. Sistem pendisiplinan dari Akmil yang diterapkan di SD Negeri Sriwedari 2 mampu membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Seperti disiplin, percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan leadership.

Karakter ini terbentuk secara tidak sadar melalui latihan rutin dalam taraf pendidikan dasar (diksar) drumband. Karakter yang paling menonjol adalah kedisiplinan.

Sikap ini dapat tumbuh dari dalam diri peserta didik dan selalu diterapkan tidak hanya ketika pelaksanaan ekstrakurikuler drumband, tetapi teraplikasi di kegiatan peserta didik sebiap hari di sekolah maupun di luar sekolah.

Kemitraan lainnya adalah bekerja sama dengan komite dan wali murid. Khususnya orang tua atau wali murid dari anggota ekstrakurikuler drumband. Sekolah menetapkan sistem koordinasi ekstrakurikuler drumband dengan melibatkan wali murid sebagai koordinator, pendamping kegiatan, seksi perlengkapan, dan lain-lain.

Hal ini menimbulkan antusiasme dari orang tua peserta didik. Pelibatan wali murid ini mengartikan bahwa peran orang tua dalam memajukan putra-putrinya memiliki porsi yang besar.

Wali murid memiliki rasa memiliki terhadap ekstrakurikuler drumband. Wali murid dengan senang hati dan antusias, melebur dalam kegiatan tersebut dan menjadi salah satu faktor keberhasilan program sekolah dan pengembangan potensi peserta didik.

Bahkan, pelibatan wali murid ini mempermudah pengadaan alat-alat drumband. Karena, wali murid mampu secara sukarela mengadakan alat-alat yang belum dimiliki sekolah.

Terlaksananya ekstrakurikuler drumband melalui strategi kemitraan ini menjadikan drumband sebagai ekstrakurikuler unggulan di SD Negeri Sriwedari 2. Potensi peserta didik dalam bidang seni musik dapat berkembang.

Selain itu, karakter positif yang menyertainya juga tumbuh dalam diri peserta didik. Disimpulkan bahwa ekstrakurikuler drumband yang dilakukan melalui strategi kemitraan dapat mengembangkan potensi dan karakter dalam diri peserta didik. (pf/lis)

Kepala SDN Sriwedari 2 Kec. Salaman, Kabupaten Magelang


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya