24 C
Semarang
Minggu, 29 Januari 2023

Belajar Asyik Menghafal Rumus Bangun Ruang dengan Menyanyi

Oleh : Sri Hartati S.Ag.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BANGUN ruang merupakan bagian dari materi pelajaran Matematika. Bangun ruang adalah suatu bangun yang berbentuk tiga dimensi dengan memiliki volume dan isi. Bangun ruang terdiri atas susunan panjang, lebar, dan tinggi. Macam-macam bangun ruang antara lain kubus, balok, tabung, prisma, limas, kerucut, dan bola.

Pelajaran materi Matematika dengan metode tradisional guru sebagai gudang ilmu dan menempatkan guru sebagai objek yang aktif dalam pembelajaran, sementara siswa bersikap pasif.

Pola pembelajaran yang cenderung statis dan rutin mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan sehingga siswa menjadi kurang berminat terhadap matematika yang akhirnya dapat mempengaruhi hasil belajar. Terkadang mereka menyukai karena dalam pelajaran Matematika tidak banyak menulis seperti lainnya.

Matematika bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berguna untuk kepentingan hidup dalam lingkungannya, untuk mengembangkan pola pikirnya, dan untuk mempelajari ilmu-ilmu.

Baca juga:  Belajar Asyik Ciri Khusus Tumbuhan dengan Media Benda Nyata

Hal ini pun terjadi pada peserta didik MI Walisongo Paesan 01 Kedungwuni, ketika hari itu ada jadwal pelajaran Matematika. Namun yang penulis jumpai justru wajah sedih, muram, dan jemu.

Penulis sering meminta siswa untuk menulis pelajaran apa yang disukainya sebelum memulai pembelajaran. Sebagai guru, penulis merasa perlu strategi agar peserta didik tertarik dalam pembelajaran Matematika.

Di sinilah guru harus kreatif dalam menciptakan pelajaran yang menyenangkan serta tidak membuat peserta didik rumit dalam penerapannya. Sehingga peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Menghafal rumus bangun ruang dapat menjadi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan bernyanyi. Bernyanyi adalah satu strategi dalam menyampaikan pesan dan kesan. Untuk menghafal rumus-rumus bangun ruang peserta didik sangat sulit untuk melakukannya. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk menghafal dan memahaminya.

Baca juga:  Belajar Asyik di Laboratorium IPA

Nyanyian akan mudah diingat anak karena cepat tersimpan dalam memorinya. Hal ini dapat kita manfaatkan pada saat pembelajaran Matematika di kelas.

Dengan menghafal rumus-rumus bangun ruang melalui sebuah lagu yang liriknya penulis ganti dengan kalimat matematika.

Hal ini akan lebih mudah diingat oleh peserta didik. Peserta didik akan merasa senang ketika menghafal kalimat Matematika ketika bernyanyi.

Sebagai contoh, penulis akan menghafal rumus volume bangun ruang pada pembelajaran Matematika kelas lima kita bisa mengubah lirik yang sudah familiar di telinga anak (Lagu Nada Becak-becak Aku Mau Tamasya) dengan rumus bangun ruang atau bisa menghafal jenis-jenis bangun ruang dengan menggunakan nada Shalawat Badar.

Baca juga:  Belajar Asyik dengan Flipped Classroom

Dengan demikian siswa merasa senang dan antusias. Saat menghafal materi bangun ruang, siswa langsung terlibat dalam pembelajaran sehingga ia tidak akan merasa terbebani dalam belajar.

Ternyata menghafal rumus bangun ruang itu asyik dan menyenangkan ketika kita bisa menemukan strategi yang sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran. Peserta didik tidak akan pesimistis dalam mengikuti pembelajaran. Yang terpenting lagi adalah ilmu dimengerti dengan baik dan bermanfaat bagi siswa yang diajarkan guru dapat dipahami. (gp/ida)

Guru MIWS Paesan 01 Kedungwuni, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Menarik

Artikel Menarik Lainnya