Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Canva

Oleh : Nurnaningsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Ada beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi atau bahasa utama.

Di Indonesia bahasa Inggris tidak dijadikan bahasa utama karena kita mempunyai bahasa sendiri yaitu bahasa Indonesia. Oleh karena itu, mata pelajaran bahasa Inggris dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa kita. Sehingga kita sebagai pendidik harus menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Sebagaimana yang penulis lakukan di SMP Negeri 2 Siwalan, pada pembelajaran bahasa Inggris kelas VIII semester ganjil pada KD.4.5 yaitu menyusun teks khusus dalam bentuk greeting card, sangat pendek dan sederhana terkait hari-hari spesial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks khususnya pada materi pembuatan Greeting Card dengan menggunakan media canva.

Baca juga:  Two Truths and a Lie Permudah Belajar Personal Recount Text

Pengertian motivasi belajar menurut Sardiman ( 2018:75) adalah “Keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar. Sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Menurut Arsyad (2015:10), Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar. Sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar.

Sedangkan Canva adalah sebuah platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya. Tools ajaib ini bisa digunakan secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile melalui App atau Play Store. Selain itu, ia menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).

Baca juga:  Program “Apem Legi” Tingkatkan Kompetensi Global dan Profil Pelajar Pancasila

Dengan perubahan zaman modern seperti sekarang dimana generasi milenial tidak bisa terlepas dari gadget maka sudah saatnya kita mengenalkan berbagai perangkat aplikasi/platform digital kepada siswa. Salah satunya adalah aplikasi canva. Platform ini digunakan membuat berbagai macam desain untuk kebutuhan personal atau profesional. Ada banyak kegunaan canva. Di antaranya adalah membuat presentasi seperti powerpoint, mendesain poster, brosur, iklan, postcard, business card, undangan serta mengedit video untuk berbagai platform media sosial. Seperti instagram, Facebook, Tik tok, dan lain-lain.

Cara penggunaan canva tergolong mudah karena di dalam aplikasi canva telah disediakan ribuan template yang siap digunakan untuk berbagai keperluan. Selain template kita juga bisa menambahkan unsur desain dan ilustrasi icon dari berbagai jenis tema. Selain itu, bisa mengupload gambar atau foto dari dari galeri desktop. Aplikasi ini benar-benar membuat desain jadi lebih praktis dan menyenangkan.

Baca juga:  Motivasi Belajar Loncat Katak Melalui Pendekatan Bermain

Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi pembuatan Greeting card. Siswa dapat mendesain kartu semenarik mungkin menurut keinginan mereka dengan menambahkan berbagai desain gambar atau foto dan memilih berbagai template yang telah disediakan.

Penggunaan media canva ini mempunyai beberapa manfaat yang bisa tercapai. Yaitu keterampilan membuat desain grafis digital dan materi esensial yang bisa terserap serta meningkatkan motivasi belajar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. (gp/fth)

Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Siwalan Kab. Pekalongan



Baca artikel dan berita terbaru di Google News

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya