alexametrics

Membuat Siswa Bodoh Menjadi Pandai Tanpa Harus Belajar

Oleh: Drs. Budi Sukendro

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Adanya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pemberian nilai rapor menjadikan masalah bagi siswa berkemampuan rendah. Hal ini sangat merepotkan bagi guru untuk membuat nilai yang baik sesuai harapan siswa, guru dan orang tua siswa.

Belajar dan menjadi pandai adalah idaman setiap siswa dan harapan orang tua. Menurut W.Gulo (2002) belajar adalah suatu proses yang berlangsung didalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya. Baik tingkah laku dalam berpikir, bersikap, dan berbuat.

Salah satu kendala untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa di tempat penulis mengajar adalah masih rendahnya kesadaran belajar sebagian siswa. Permasahan yang menjadi penyebab antara lain karena kurangnya perhatian orang tua untuk memotifasi (mengawasi) putra putrinya belajar secara langsung.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka orang tuanya adalah perantau, bekerja dil uar kota sehingga tinggal d irumah bersama nenek atau saudara yang lain. Sekolah menjadi tumpuan, seolah pendidikan diserahkan sepenuhnya ke sekolah. Pendidikan yang merupakan suatu proses tentunya perlu kejasama antara keluarga,sekolah dan masyarakat. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab ketigabelah pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa.

Baca juga:  Metode Picture and Picture Tingkatkan Belajar Pergaulan Sehat

Walaupun kurikulum 2013 hampir berlalu, KKM akan segera ditinggalkan namun masih menyisakan kenangan kenangan yang cukup memilukan. Penilaian yang tidak objektif, karena KKM, ada siswa yang diterima di sekolah lanjutan yang menjadi impiannya karena nilainya bagus tanpa harus bersusah payah belajar. Sementara yang bersekolah dengan KKM yang lebih rendah harus rela meninggalkan impiannya, Tampak jelas di sini anak bodoh menjadi pandai tanpa harus belajar.

Upaya apakah yang kita lakukan untuk mengatasi siswa kurang pandai? Apakah yang mesti dilakukan guru untuk mengatasi masalah ini? Tentunya bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, perlu strategi yang bisa memacu semangat belajar siswa dengan memberikan pertanyaan (soal) yang sangat sederhana dengan menunjukan jawaban yang tersedia di buku siswa, maka siswa tidak lagi mengalami kesulitan belajar. Apakah ini bukan pembodohan anak? Tentu tidak, karena siwa sudah melakukan aksi mencari tahu sumber belajar.

Baca juga:  Lomba Bercerita, Tingkatkan Motivasi Belajar Keteladanan Nabi

Permasalahan yang timbul adalah bagaimana memotivasi siswa agar mau mengerjakan tugas tersebut? Guru harus berperan sebagai orang tua, tidak hanya pengajar yang mentransfer ilmu saja. Sebagian dari mereka menjadikan sekolah sebagai tempat pelepas kejenuhan (rekreasi), artinya meraka menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya ke sekolah, di sisi lain anak kurang mengerti arti pentingnya belajar, belajar tanpa cita-cita yang penting naik kelas.

Begitulah kira-kira, yang pada akhirnya dapat menimbulkan nilai ASN (asal siswa naik kelas) dengan nilai yang dibuat guru. Walaupun nilai itu hak prerogatif (kewenangan mutlak) guru, penulis kira ini bukan rahasia lagi, pasti banyak guru yang melakukan hal ini. Betul bukan?

Baca juga:  Dengan Moodle Motivasi Belajar Siswa Meningkat

Semoga ke depan sumber daya manusia Indonesia semakin baik dan berkualitas tidak hanya dari segi kecerdasan tapi lebih utamanya dari ahlak mulia dan budi pekerti luhur dan berjiwa Pancasila. Sehingga dapat membangun negeri yang subur makmur gemah ripah loh jinawi. Diperlukan kerja sama yang baik antara guru, orang tua, lingkungan masyarakat dan pemerintah untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang sesuai dengan keadaan lingkungan.

Karena setiap daerah sumber daya manusianya berbada-beda. Dengan meniadakan KKM (Kritera Kentuntasan Minimal) kiranya menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi. Bukan menyamaratakan dan memaksakan prestasi.
Demikianlah sekelumit ide dan gagasan saya, semoga bermanfaat. Selamat tinggal KKM, selamat datang kurukulum Merdeka. (una/lis)

Guru PPKn SMPN 3 Moga, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya