Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bentuk Bilangan Pecahan dengan Examples Non Examples

Oleh : Mutiah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu, menjadi pendukung bagi keberadaan ilmu-ilmu lain. Oleh karena itu siswa diharapkan memiliki penguasaan Matematika pada tingkat tertentu. Sehingga berguna bagi siswa dalam berkompetisi di masa depan.

Matematika berkenaan dengan ide-ide (gagasan-gagasan dan struktur-struktur) dan hubungannya diatur secara logika. Matematika berkaitan dengan konsep abstrak. Hal tersebut membuat siswa merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Siswa lebih mudah mempelajari hal-hal yang bersifat konkrit. Sehingga muncul anggapan bahwa Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan cenderung ditakuti siswa.

Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik cenderung mengabaikannya. Maka pendidik harus mampu mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Banyak metode yang telah dilakukan penulis untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya melalui model example non example pada Kompetensi Menghitung Hasil Perkalian Berbagai bentuk Bilangan Pecahan Pada siswa kelas V Semester I tahun 2022 di SD Negeri 02 Tengengwetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:  Pendampingan Anak Keterlambatan Membaca dengan Metode Fonik

Menurut Buehl (1996) dalam Apriani dkk, (2010:20) bahwa example non example adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan dua hal yang terdiri dari Example Non Example dari suatu definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non example memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang dibahas.

Model pembelajaran Example non example adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh soal yang disajikan.

Baca juga:  Model Langka Langki Tingkatkan Pemahaman Siswa pada Bilangan Bulat

Penggunaan media gambar disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisa gambar tersebut menjadi sebuah bentuk deskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar dan simbol. Penggunaan model pembelajaran example non example lebih menekankan pada konteks analisis siswa. Biasa yang lebih dominan digunakan di kelas tinggi. Namun dapat juga digunakan di kelas rendah dengan menekankan aspek psikologi dan tingkat perkembangan siswa kelas rendah seperti kemampuan berbahasa tulis dan lisan, kemampuan analisis ringan, dan kemampuan berinteraksi dengan siswa lainnya.

Penerapan model pembelajaran Example non example mampu meningkatkan kompetensi dasar kemampuan menghitung dalam berbagai bentuk bilangan pecahan. Model pembelajaran Example non example adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran. Bertujuan mendorong siswa belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh soal yang disajikan.

Baca juga:  Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Kerja Sama ASEAN dengan Examples Non Examples

Kelebihan model pembelajaran example non example di antaranya siswa lebih berfikir kritis dalam menganalisis gambar dan simbol yang relevan dengan kompetensi dasar. Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh soal yang relevan dengan kompetensi dasar, dan siswa diberi kesempatan menggunakan pendapatnya yang mengenai analisis gambar yang relevan dengan kompetensi dasar.

Penerapan model pembelajaran Example non example mampu meningkatkan kompetensi dasar kemampuan menghitung dalam berbagai bentuk pecahan. Penulis telah menyempurnakan kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya menggunakan alat peraga sederhana menjadi alat peraga yang kompleks. Bila pembelajaran pada materi ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran example non example disertai modifikasi, maka berdampak pada aktivitas siswa dan kemauan belajar siswa meningkat. (cd2/fth)

Guru SDN 02 Tengengwetan, Kecamatan Siwalan, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya