Peningkatan Hasil Belajar Memahami Literasi melalui PBL

Oleh : Noor Anisah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, HASIL belajar merupakan indikator belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu memberikan pengalaman belajar yang menunjukan kompetensi siswa dalam pembelajaran. Kualitas pembelajaran mengacu pada keefektifan proses pembelajaran, sedangkan kualitas proses pembelajaran dapat menentukan hasil belajar.

Salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia adalah Literasi Buku Fiksi misalnya cerita novel. Materi tersebut menuntut siswa bermain imaginasi untuk mendapatkan amanat atau pesan dari cerita novel. Akar masalah di MTs Miftahul Huda Jleper adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Partisipasi yang kurang dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa kurang tertarik dalam kegiatan diskusi, presentasi, dan observasi.

Solusi untuk mengatasi masalah yang telah diidentifikasi di kelas IX A,B,C MTs Miftahul Huda Jleper tahun pelajaran 2021/2022 adalah menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa. Keterlibatan siswa dapat menyeimbangkan hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Ketpichainarong, Panijpan, & Ruenwongso, 2010). Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah Problem Based Learning (PBL).

Baca juga:  Ciptakan Suasana Pembelajaran yang Bermakna dengan Pembelajaran Konstektual

Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan masalah. Sehingga siswa dapat menginvestigasi dan melakukan penyelidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah. Pembelajaran kelompok dapat mengembangkan kemampuan berinteraksi siswa, sehingga menumbuhkan bakat intelektual dalam mensintesis dan menganalisis (Zsiga, 2010).

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menempuh pengalaman belajar dalam proses pembelajaran. Hasil belajar mempunyai tiga ranah yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tujuan pendidikan nasional yang dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 (Sudjana, 2006).

Karakteristik model pembelajaran berbasis masalah yaitu pengajuan masalah atau pertanyaan, fokus pada keterkaitan antardisiplin, penyelidikan autentik, kerja sama, dan menghasilkan produk atau mengomunikasikan hasil produk (Trianto, 2009).

Baca juga:  Pembelajaran Berbasis Proyek Tingkatkan Hasil Belajar Materi Jurnal Khusus

Ge, et. al. (2010) mengatakan tujuan PBL untuk membimbing siswa mengembangkan ilmu pengetahuan dasar, melatih keterampilan memecahkan masalah, dan memotivasi siswa untuk belajar.
Sintaks PBL menurut Arends yaitu memberikan orientasi tentang permasalahan siswa, mengorganisasikan siswa untuk meneliti, membantu investigasi mandiri dan kelompok. Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah (Arends, 2008).

Prosedur penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart (1988) yang menggunakan model aspiral. Yaitu satu siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) (Mulyatiningsih, 2013).

Model PBL digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tahap perencanaan dilakukan penyusunan skenario pembelajaran dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar, meliputi menyiapkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan instrumen yang digunakan dalam penelitian seperti lembar observasi, angket dan dokumentasi.

Baca juga:  Suka, Simpelnya Belajar Membuat Media Tata Surya

PBL memberikan ruang belajar siswa yang lebih luas sehingga siswa dapat mengoptimalkan indra yang digunakan dalam proses belajar. Penggunaan indra yang optimal membuat siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih banyak daripada pembelajaran yang mengutamakan guru sebagai sumber informasi. Jadi dengan metode PBL hasil belajar siswa jauh lebih baik. (igi2/lis)

Guru Bahasa Indonesia MTs Miftahul Huda Jleper, Kec Mijen, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya