Manfaat E-Guru dalam Optimalisasi Minat Belajar Siswa

Oleh : NUNIK SRI YUNINGSIH, SPd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan era teknologi tidak lantas membuat semua bisa memanfaatkan. Banyak pendapat yang mempersoalkan perselisihan tentang hardware dan software. Banyaknya sarana pendidikan juga menimbulkan kesulitan dalam memilih perangkat yang akan digunakan dalam bahan pembelajaran.

Penggunaan media pembelajaran diperlukan keterampilan guru serta sikap baik terhadap kemajuan dan perkembangan media pembelajaran. Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan dan kekurangannya. Namun bisa dimanfaatkan berdasarkan hakikatnya masing-masing.

Dalam kondisi sekarang teknologi menjadi sarana pembelajaran, media, dan sumber belajar bagi siswa. Sebagai salah satu sumber pembelajaran, teknologi merupakan alat untuk memperlancar proses pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperoleh hasil belajar optimal.

Dari berbagai macam teknologi pembelajaran salah satunya yaitu media interaktif berbasis perangkat lunak yang mempunyai keunggulan cukup baik untuk pelaksanaan pembelajaran. E-Guru merupakan perangkat lunak yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Aplikasi pembelajaran E-Guru adalah karya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan pengembangan konten digital.

Baca juga:  Mengolah Limbah Kayu dengan Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM)

Seseorang dapat menerapkan metode pembelajaran menggunakan slide materi visual, buku digital, dan konten rumah belajar yang ada. Aplikasi pembelajaran digital E-Guru sangat membantu dalam penyampaian materi.

E-Guru dapat dilihat dalam laman website eguru.co.id. Mengklaim jika pembelajaran di kelas dapat lebih menarik dengan slide-slide yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut. Sehingga mempermudah anak didik dalam memahamI materi yang diajarkan guru. Disamping itu penggunaan aplikasi E-guru dapat meningkatkan kreativitas guru, efisien waktu dan biaya serta peningkatan kompetensi guru dalam membuat karya ilmiah dengan bahan ajar visual. Sehingga kita dapat membuktikan bahwa E-guru dapat berpengaruh secara ilmiah dengan analisis deskriptif kuantitatif regresi. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat dirumuskan pengaruh E-Guru dalam optimalisasi minat belajar siswa.

Baca juga:  Pentingnya Motivasi Kepala Sekolah Bagi Guru di Masa PTMT

Analisis deskriptif pada pengaruh media E-Guru bagian minat belajar didapati bahwa skor minimum terletak pada skor 41 dan skor maksimum terletak pada skor 99. Selain Itu skor minimum pengaruh media E-guru menunjukkan skor yang (M+74,64, SD= 12.708) dan berada pada tahap interpretasi yang sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh Media E-Guru bagian sikap berada dalam keadaan kategori sedang.

Bagi analisis statistik inferensi uji regresi pada pengaruh media E-guru didapat hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara pengaruh media E-Guru: Creative Teaching Education (X) dengan Minat Belajar (Y) sebesar 0,891. Dari hasil penelitian yang dapat, disimpulkan bahwa kekuatan hubungan antara variabel dinyatakan sangat kuat.

Kemudian untuk koefisien determinan ®adalah variabel Minat Belajar (Y) memberi pengaruh terhadap pengaruh media E-Guru: Creative Teaching Education (X) sebesar 0,846 atau 84,6 persen. Selain itu sisanya 15,4 persen dipengaruhi faktor luar yang masih berpengaruh. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa E-Guru sangat bermanfaat dalam memberi pengaruh yang tinggi terhadap minat belajar siswa.

Baca juga:  Ciptakan Pengalaman Belajar IPS yang Bermakna dengan Metode Portofolio

Disesuaikan dari hasil analisis tersebut, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara penerapan media E-Guru terhadap minat belajar siswa. Media pembelajaran E-Guru seyogyanya dapat digunakan secara terintegrasi dan kontinu serta didukung segala unsur satuan pendidikan. Baik sekolah dasar, menengah, ataupun atas. Sehingga dapat menunjukan manfaat nyata dan optimal sesuai dengan yang dinyatakan tim pengembangnya. Mengingat media E-Guru tidak hanya memerlukan alat perangkat laptop maupun personal. (ks/fth)

Guru SDN 06 Kebondalem Kec. Pemalang, Kab. Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya