alexametrics

Pembelajaran Jig Saw Tingkatkan Pemahaman Materi Laporan Keuangan

Oleh : Dra E Ismiyati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI masa ini, pendidikan merupakan hal yang krusial bagi setiap individu. Menurut UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan pengertian tersebut, hendaknya suasana belajar dan proses pembelajaran dapat mengembangkan potensi dan keterampilan peserta didik. Untuk mewujudkannya, guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode yang dipilih, semestinya mampu memberikan ruang skenario pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengembangkan potensi serta keterampilan peserta didik.

Tidak sedikit peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Sehingga, potensinya sulit tergali dan keterampilanya pun sulit dikembangkan. Hal ini dirasakan oleh siswa-siswi kelas XII IPS di SMAN 1 Dukun, Kabupaten Magelang. Mereka merasa kesulitan dalam memahami materi ekonomi, khususnya materi tentang Laporan Keuangan. Materi ini tergolong sulit, karena menuntut keterampilan berpikir sistematis sekaligus keterampilan berhitung matematis. Sulitnya materi ini menyebabkan kualitas tugas dan tingkat penguasaan kompetensi peserta didik belum sesuai yang diharapkan.

Baca juga:  Membentuk Profil Pelajar Pancasila dengan Pembelajaran PJOK

Agar materi Laporan Keuangan lebih mudah dipahami, guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih adalah Jig Saw. Metode Jig Saw merupakan teknik pembelajaran kooperatif di mana peserta didik, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran (Mingseli, 2022).
Secara etimologis, kata Jig Saw berasal dari bahasa Inggris yang berarti gergaji ukir. Pola pembelajaran dengan metode Jig Saw menyerupai kinerja dari sebuah gergaji yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai sebuah tujuan.

Penyampaian materi Laporan Keuangan dengan metode Jig Saw dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, guru membagi peserta didik ke dalam kelompok–kelompok kecil yang terdiri atas 4 sampai 6 orang. Kedua, guru menyampaikan penjelasan terkait sub–sub materi yang berbeda kepada setiap kelompok. Ketiga, setiap kelompok berdiskusi mengenai sub materi yang diberikan dan memilih salah seorang anggotanya untuk menjadi tim ahli. Adapun tim ahli, merupakan sebuah tim yang terdiri dari peserta didik terbaik dari setiap kelompok berdasarkan hasil pertimbangan anggota kelompoknya. Keempat, tim ahli akan melaksanakan diskusi.

Baca juga:  Asyik Belajar Prakarya dengan Video Pembelajaran

Diskusi tersebut membahas mengenai konsep dari sub materi yang telah diberikan oleh setiap kelompok dan kemudian menghubungkannya satu dengan yang lain. Kelima, tim ahli kembali ke kelompoknya masing–masing untuk menyampaikan hasil diskusi. Kelima, setiap kelompok harus memastikan bahwa seluruh anggotanya sudah memahai materi. Keenam, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan menjelaskan materi yang diperoleh di depan kelas. Ketujuh, guru mengadakan kuis untuk mengecek tingkat pemahaan peserta didik. Terakhir, kedelapan, guru memverifikasi jawaban kuis dan memberikan penjelasan tambahan apabila diperlukan.

Manfaat penerapan metode Jig Saw adalah peserta didik dapat mengembangkan sikap kooperatif, menjalin hubungan yang baik antarpeserta didik, melatih kepercayaan diri, meningkatkan motivasi belajar, serta memudahkan dalam memahami materi.Metode Jig Saw telah diterapkan pada penyampaian materi Laporan Keuangan di SMA Negeri 1 Dukun. Hasilnya, kualitas tugas peserta didik lebih baik dan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan meningkat. (kj1/ida)

Baca juga:  Raport Solusi Penilaian di Masa Pandemi Covid-19

Guru Ekonomi SMAN 1 Dukun, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya