alexametrics

Pembelajaran Kimia Koloid Asyik dengan Quizlet

Oleh : Hartini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru memiliki tugas pokok merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi). Saat melaksanakan proses pembelajaran, guru harus mengembangkan berbagai media pembelajaran.

Hal ini agar peserta didik senang belajar dan mendapatkan hasil maksimal.

Media pembelajaran menurut Sutirman (2013: 15) adalah alat-alat grafis, photografis, atau elektronis yang dapat digunakan untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media pembelajaran dapat dibedakan menjadi tiga macam. Yaitu media yang dapat didengar (audio), media yang dapat dilihat (video) dan media yang dapat bergerak.

Media pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik perhatian. Sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Selain itu pembelajaran akan lebih mudah dipahami dan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Akademik Berbasis Microsoft 365

Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah quizlet. Quizlet adalah platform pembelajaran interaktif online global yang menyediakan alat belajar menarik untuk membantu orang latihan dan menguasai apapun yang mereka pelajari. Quizlet merupakan aplikasi tidak berbayar, dan mudah digunakan.

Baik untuk peserta didik maupun guru. Bagi guru, akan lebih mudah men-setting materi ajar melalui flashcards dan dapat menyesuaikan bahan pembelajaran yang dibutuhkan siswa. Aplikasi ini dapat digunakan melalui website atau aplikasi mobile.

Quizlet disusun guru berupa flashcard. Flashcard adalah kartu-kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata yang diperkenalkan oleh Glenn Doman, seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia. Quizlet dapat berisi pertanyaan atau soal di satu sisi dan jawaban di sisi yang lain tentang bahan-bahan pembelajaran. Misal pada materi koloid tentang sifat-sifat koloid. Flashcard pada satu sisi berisi tulisan efek tyndall, koagulasi, adsorpsi, koloid liofil, gerak brown dan lainnya. Sedangkan pada sisi lainnya berisi dengan penjelasan/jawaban atas pertanyaan yang diberikan.

Baca juga:  Real Activities Assesment, Alternatif Model Penilaian dalam Pembelajaran Daring

Kelebihan quizlet adalah gambar. Guru dapat menambahkan gambar dimana gambar itu dapat diunduh dari quizlet itu sendiri atau dapat kita upload sendiri. Adanya gambar membuat peserta didik lebih tertarik dan lebih mudah mengingat sehingga peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan. Saat akan digunakan guru tinggal membagikan link quizlet kepada peserta didik bisa melalui telegram atau whatsapp.

Selain itu, quizlet praktis, gratis, tersedia beberapa fitur, bisa diakses melalui handphone, laptop atau tablet. Tampilan quizlet sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu juga memungkinkan kompetensi siswa melalui perangkingan serta dapat menggunakan bahan ajar pengguna lain.

Guru hendaknya pandai memilih media yang tepat dalam memberikan materi pelajaran. Materi pelajaran yang berbeda, membutuhkan media berbeda dalam penyampaiannya. Tidak semua materi pelajaran tepat jika menggunakan quizlet. Otomatis harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari materi serta peserta didik. (kj2/fth)

Baca juga:  Tingkatkan Belajar Kimia dengan LC 5E Mandiri

Guru Kimia SMAN 1 Bantarsari, Kabupaten Cilacap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya