alexametrics

Pembelajaran Teks Biografi Lebih Menginspirasi dan Memotivasi Siswa SMA

Oleh : Suparni S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BIOGRAFI adalah narasi perjalanan hidup seorang tokoh, penjelasan mengenai kegiatan, dan peristiwa yang dialaminya, gagasan, perasaan, dan pandangan hidup dari tokoh tersebut. Biografi dapat diartikan juga sebagai narasi yang mengisahkan riwayat seorang tokoh ternama. Dalam struktur teks biografi, kamu akan menemukan sejarah hidup, pengalaman hingga kisah sukses dari tokoh yang dikisahkan.

Adakah di antara kamu yang sering bingung membedakan teks biografi dengan autobiografi? Sebenarnya, antara teks biografi dan autobiografi itu beda. Pahami struktur teks biografi yang ditulis oleh orang lain, sementara teks autobiografi ditulis oleh oang atau tokoh itu sendiri.Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan fakta atau kenyataan hidup tokoh yang dibahas dalam teks tersebut.

Hal-hal yang dimuat dalam Teks Biografi, ada beberapa poin penting yang umumnya dibahas pada struktur teks biografi, antara lain, 1) latar belakang keluarga tokoh. 2) Riwayat pendidikan tokoh. 3) Riwayat pekerjaan tokoh. 4) Prestasi tokoh. Dan 5) informasi lain yang mendukung biografi tokoh.

Baca juga:  Minimnya Keterampilan Siswa Zaman Now dalam Ragam Tulis

Ciri-ciri Teks Biografi, antara lain, 1) berisi fakta kisa hidup tokoh yang ditulis. 2) Berbentuk narasi yang ditulis dengan gaya penulisan yang semenarik mungkin. 3) Bersifat inspiratif sehingga dapat mempengaruhi pembaca. 4) Berisi motivasi sehingga dapat dicontoh. 5) Memiliki kesan dan pesan dari tokoh yang ditulis. Dan 6) memiliki struktur baku yang meliputi orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi.
Jenis-jenis Teks Biografi dibagi menjadi lima, yaitu, pertama, berdasarkan penulisnya. Berdasarkan penulisnya, teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu a) biografi, bila kisah hidup seseorang tersebut ditulis oleh orang lain, dan b) autobiografi, bila kisah hidup seseorang tersebut ditulis oleh orang itu sendiri.

Kedua, berdasarkan isinya. Teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu, a) biografi perjalanan hidup, bila dalam teks biografi dikisahkan perjalanan hidup atau bagian- bagian perjalanan hidup yang berkesan mengenai tokoh tersebut, b) biografi karier, bila dalam teks biografi hanya membahas perjalanan karier tokoh tersebut hingga mencapai sukses.

Baca juga:  Meningkatan Hasil Pembelajaran Sepakbola melalui Permainan Sepakbola Mini

Ketiga, berdasarkan izinnya. Teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu, a) authorized biography. Bila teks biografi tersebut penulisannya mendapatkan izin atau dengan sepengetahuan tokoh yang dikisahkan perjalanan hidupnya, dan b) unauthorized biography, bila teks biografi tersebut penulisannya tanpa seizing atau tanpa sepengetahuan tokoh yang dikisahkan perjalanan hidupnya. Jenis teks biografi ini biasanya terjadi bila tokoh yang dituliskan telah wafat dan tidak ada anggota keluarga tersebut yang dapat dimintai izin.

Keempat, berdasarkan persoalan yang dibahas, teks biografi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu a) biografi intelektual. Teks biografi ini dibuat melalui berbagai riset, untuk mengumpulkan bahan tulisannya. Teks biografi jenis ini juga disajikan dalam gaya bahasa yang ilmiah. Contoh teks biografi intelektual adalah, Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif: Sebuah biografi intelektual, yang ditulis oleh Syamsul Arif. Dan b) biografi politik. Biografi jenis ini mengisahkan pengalaman hidup seorang tokoh negara dari sudut pandang politik.

Baca juga:  Pembelajaran E-Learning Quizizz dalam Analisis Bahasa Teks Esai

Keempat, sama seperti biografi intelektual. Teks biografi politik dilakukan dengan berbagai riset untuk mengumpulkan bahan tulisannya. Terkadang, teks biografi politik ini dibuat berdasarkan kepentingan tokoh yang diceritakan. Contoh teks biografi politik adalah, Biografi Politik – Mohammad Hatta yang ditulis oleh Deliar Noer. Kemudian Biografi Jurnalistik. Biografi jenis ini umumnya ditulis berdasarkan hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis, atau tokoh-tokoh yang menjadi informan bahan pendukung teks tersebut. Dengan membaca teks biografi, semua terinspirasi dan akan bekerja keras untuk dapat mencapai hasil seperti seseorang yang ada dalam teks biografi. (kj1/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Dukun, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya