alexametrics

Aplikasi Canva, Media Pembelajaran Bahasa Jawa Era Society 5.0

Oleh : Septiyan Ulin Ni’am, M. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEMDIKBUD RI, berfokus pada perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) yang saat ini sangat berpengaruh pada segala bidang kehidupan masyarakat, contohnya saja dalam bidang pendidikan dan bisnis. Semua hal yang tadinya dilakukan secara offline kini berubah menjadi online, begitu juga kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam memberikan pembelajaran pada siswa di kelas.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 telah memasuki era dimana revolusi digital akan membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan. Sebagai pendukung proses pembelajaran maka dibutuhkan media pembelajaran yang nantinya dapat memudahkan siswa yaitu salah satunya menggunakan ialah Aplikasi Canva. Aplikasi Canva sebagai salah satu media yang dapat mendukung proses pembelajaran secara visual dan melatih kemampuan literasi visual siwa (Adawiyah, Hasanah, & Munsi, 2019).

Pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, yang pertama adalah siswa diarahkan untuk memiliki penguasaan keterampilan baru dalam menggunakan bahasa jawa melalui pengembangan teknologi dan internet sebagai tujuan. Kedua, siswa dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran praktis dalam hal penggunaannya, waktu, serta hasil yang nantinya akan diperoleh siswa. Ketiga, literasi visual siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa.

Baca juga:  Mengenal Sifat-Sifat Bangun Persegi Panjang dengan Susu Kotak

Proses pembelajaran saat ini banyak sekali mata pelajaran yang bisa diaplikasikan dalam teknologi terkhusus pada aplikasi Canva. Sebagaimana contoh pembelajaran geguritan, siswa tidak hanya berpusat pada buku dan teks tulis yang sudah tersedia, namun siswa juga dapat menuangkan literasi visual pada Canva ini dapat memanfaatkan geguritan yang ditulis oleh siswa dengan menuangkan langsung pemikiran, kreativitas, serta emosionalnya mereka dengan mengandalkan warna, suasana, gambar, serta simbol-simbol lainnya yang bisa dimanfaatkan melalui desain pada aplikasi Canva.

Pengembangan dan penjabaran materi yang akan disuguhkan dalam pengembangan proses pembelajaran saat ini, diharapkan mampu memberi pelajaran yang positif bagaimana suatu aplikasi yang sudah banyak disediakan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi.

Canva juga dapat digunakan melalui gawai selain laptop atau komputer langsung. Cara penggunaannya tidak begitu sulit, sehingga dapat memudahkan siapa saja termasuk ; orang maupun guru dan siswa. Beberapa langkah yang perlu diketahui dalam menggunakan aplikasi Canva dengan mengandalkan gawai yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Cara yang pertama ialah mendownload aplikasi Canva melalui Play Store, dengan cara membuka play store, kemudian ketik ‘Canva’ pada kolam penelusuran, nanti secara otomatis aplikasi Canva ini akan muncul, kemudian klik instal dan tunggu hingga aplikasi Canva terdownload dan dapat dibuka.

Baca juga:  Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Kimia

Langkah selanjutnya, membuka aplikasi Canva, dari situ akan muncul pilihan pendaftaran melalui facebook, google, ataupun lanjut dengan email. Guru atau siswa dapat memilih dengan klik pilihan tersebut untuk membuat akun di Canva, dan mengikuti langkah-langkah yang didapatkan.

Tahap dalam membuat akun di Canva, guru dan siswa dapat menggunakan Canva sesuai kebutuhan. Aplikasi Canva didalamnya terdapat banyak sekali fungsi untuk membuat suatu desain, diantaranya; desain logo, video, poster, cerita Instagram, kartu nama, undangan, label, kolase foto, iklan, promosi, dan lain sebagainya. Template yang menarik juga sudah tersedia di aplikasi Canva, bisa guru dan siswa dapat memanfaatkan template tersebut dengan mengubah tulisan atau gambar dibutuhkan dalam mengembangkan materi yang diperoleh.

Baca juga:  Aplikasi Canva Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Mata Pelajaran BTIK

Terdapat beberapa menu dalam pengeditan templete tersebut, diantaranya; dengan meng-klik desain yang dipilih, maka klik tulisan ‘Edit’ yang muncul pada desain tersebut. Sehingga akan muncul pilihan untuk mengganti tulisan, gaya tulisan, ukuran tulisan, gambar, video, warna, dan lain sebagainya. Setelah desain selesai dibuat, langkah terakhir yaitu menyimpan desain yang sudah dibuat dengan meng-klik tanda panah kebawah yang berada di pojok kanan atas, maka secara otomatis mengarah pada pilihan penyimpanan yang diinginkan. terakhir file tersebut akan otomatis tersimpan dalam galeri pada gawai.

Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa Jawa di era Society 5.0 ini diharapkan; Pertama, siswa mampu menguasai keterampilan baru dalam menggunakan bahasa jawa melalui pengembangan teknologi dan internet sebagai tujuan yaitu berupa aplikasi Canva. Kedua, siswa lebih mahir dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran praktis dalam mengikuti perkembangan zaman di era Society 5.0 yang mana teknologi digital saat ini sangat mempengaruhi perkembangan semua manusia. Ketiga, siswa dapat menambah literasi visual siswa khususnya pembelajaran bahasa Jawa. (kj1/zal)

Guru SMK Muhammadiyah 2 Borobudur

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya