Mudah Belajar Menulis Pantun dengan Metode Concept Sentence

Oleh : Lina Andriyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keterampilan berbahasa terbagi menjadi empat aspek. Yaitu keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keterampilan menulis menjadi fokus utama dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP atau MTs. Hal ini bertujuan agar peserta didik menjadi manusia produktif, yang dapat membuat karya tulis. Baik karya tulis ilmiah atau non-ilmiah.

Di dalam keterampilan menulis terdapat kaidah atau aturan penulisan sehingga menjadikan kegiatan menulis menjadi sesuatu yang tidak mudah bagi peserta didik. Keterampilan menulis perlu diasah dan dilatih secara berkesinambungan dan sistematis.

Kemampuan peserta didik dalam memahami materi dapat dilihat dari pemberian tugas mandiri. Ketika diberi tugas mandiri hanya setengah dari peserta didik yang mengerjakan tugas tersebut, dapat dikatakan bahwa motivasi dalam mengerjakan tugas masih rendah. Kurangnya motivasi dalam mengerjakan tugas disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi yang disajikan guru. Fenomena demikian juga terjadi di MTs Negeri 2 Kendal. Motivasi dalam mengerjakan tugas menulis pantun dengan ide dan gagasan sendiri masih rendah.

Baca juga:  Penerapan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw dalam Mengajarkan Aksara Jawa

Materi pantun dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Kendal.Tetapi mengapa masih banyak peserta didik tidak dapat menulis pantun yang benar dengan ide dan gagasan sendiri. Mereka lebih suka menulis pantun dengan meniru buku atau teman. Padahal mereka telah mengetahui dan bahkan sering mendengarnya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan warisan budaya nenek moyang berupa pantun ini akan hilang. Untuk itu wajib bagi peserta didik untuk melestarikannnya.

Menulis pantun adalah kegiatan yang dilakukan untuk menuangkan gagasan atau perasaan dalam karya sastra lama yang terdiri atas sampiran dan isi dengan berpedoman pada syarat-syarat pantun (Hadi Susanto: 2015).

Peserta didik yang belum terbiasa menulis pantun akan mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik antara lain kurangnya perbendaharaan kata atau diksi. Sulitnya mengembangkan ide atau gagasan dalam membuat pantun, serta pemahaman tentang struktur dan syarat-syarat pantun. Selain itu, di dalam menulis pantun, terdapat unsur penulis, isi tulisan, dan pembaca sebagai penerima pesan yang perlu diperhatikan agar pembaca memahami pantun dengan mudah.

Baca juga:  Penerapan K3 dengan PBL untuk Mengurangi Risiko Kecelakaan Kerja

Melihat permasalahan tersebut perlu adanya cara atau teknik agar pembelajaran menulis pantun dapat dilakukan dengan mudah. Guru sebagai pembimbing peserta didik dalam belajar menulis pantun, harus mencari motode atau model pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami peserta didik. Salah satu alternatif yang perlu dilakukan guru adalah menerapkan model pembelajaran concept sentence dalam pembelajaran menulis pantun. Metode concept sentence adalah metode pembelajaran yang diawali dengan menyampaikan kompetensi, sajian materi, membentuk kelompok heterogen, guru menyiapkan kata kunci sesuai materi bahan ajar dan tiap kelompok membuat kalimat berdasarkan kata kunci (Huda: 2013:316).

Dengan metode ini guru menyajikan kata-kata kunci yang berkaitan dengan jenis pantun. Peserta didik diajak untuk memahami kata-kata kunci. Berbekal kata-kata kunci tersebut kemudian peserta didik dituntut untuk mengembangkannya menjadi baris-baris pantun yang baik dan sesuai dengan syarat-syarat pantun secara kreatif dengan ide atau gagasan sendiri tanpa meniru buku atau teman.

Baca juga:  Praktik Mandiri Tingkatkan Keterampilan Belajar IPA

Metode concept sentence perlu digunakan dalam pembelajaran menulis pantun karena selain dapat meningkatkan semangat belajar, metode ini juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif. Karena peserta didik merasa senang dalam belajar dan mempunyai kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik. (1gi2/lis)

Guru MTs Negeri 2 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya