Kegiatan Mewarnai Menggunakan Sisir dapat Meningkatkan Kreativitas Anak

Oleh : Sri Rejeki, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki oleh setiap anak yang dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat. Suyadi (2017:171) mengatakan terdapat banyak pengertian atau definisi tentang kretivitas tetapi hampir semua definisi tersebut sepakat bahwa kreativitas merupakan aktivitas berfikir di luar kebiasaan cara berfikir orang biasa pada umumnya.

Susanto (2013:99) Menjelaskan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Sedangkan Rogers menekankan (1962) sumber dari kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekspresikan diri dan mengaktifkan semua kemampuan organisme.

Mewarnai adalah memberi warna, mengecat, menandai (dengan warna tertentu). Peningkatan kreativitas melalui mewarnai dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan eksperimen dan eksplorasi. Seperti yang dilakukan anak-anak di TK Bina Kasih II Dlimoyo. Tugas guru dan orang tua adalah memfasilitasi agar kreativitas anak muncul sebagai kekuatan yang sangat diperlukan bagi kehidupannya kelak.

Baca juga:  Peningkatan Kompetensi Guru melalui Kegiatan In House Treining

Ciri-ciri kreativitas anak menurut Munandar (2009:71) meliputi : rasa ingin tahu yang luas dan mendalam. Sering mengajukan pertanyaan yang baik. Memberikan banyak gagasan atau usulan terhadap suatu masalah. Bebas dalam menyatakan pendapat. Mempunyai rasa keindahan yang dalam dan lain-lain.

Bakat dalam bentuk kreativitas akan tumbuh dan berkembang jika didukung dengan fasilitas dan kesempatan. Cara mendidik dan mengasuh anak harus disesuaikan dengan pribadi dan kecepatan masing-masing anak, sehingga tidak ada penekanan atau paksaan dalam mendidik anak. Penerapan pendekatan 4 P (pribadi, pendorong proses, dan produk).

Young (dalam Abay,2014) mengatakan dalam kegiatan bermain kreatif seperti mewarnai bertujuan untuk menyenangkan hati anak, mengungkapkan perasaannya melalui warna-warna yang telah disediakan. Kreativitas mewarnai gambar akan berkembang apabila diberikan motivasi dari dalam maupun dari luar individu.

Baca juga:  PJJ Tematik Bermakna melalui Pendekatan CTL

Salah satu kegiatan yang menarik bagi anak di TK Bina Kasih II Dlimoyo untuk membantu perkembangan kreativitas adalah dengan kegiatan mewarnai. Mewarnai selain membantu perkembangan motorik halus anak, juga dapat membantu anak menuangkan imajinasinya ke dalam bentuk warna dan tulisan.

Melalui kegiatan mewarnai anak dapat mengenal warna dan melatih kreativitas untuk dapat mengembangkan potensi diri lebih optimal. Juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan diri.
Sumanto (2005:65) menyatakan bahwa kreativitas yang dapat dikembangkan pada kegiatan mewarnai bagi anak TK adalah adanya kebebasan untuk memilih dan mengombinasikan unsur warna pada objek yang diwarnainya sesuai keinginan anak.

Jadi dapat disimpulkann bahwa dengan kegiatan mewarnai di TK Bina Kasih II Dlimoyo dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak.
Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi kreativitas anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dalam kegiatan mewarnai. Kemampuan anak dalam bereksplorasi dengan warna-warna sangat berpengaruh pada kreativitas anak dalam mewarnai.

Baca juga:  Kenalkan Keaksaraan Awal melalui Bermain dengan Media Gambar

Mewarnai merupakan kegiatan membutuhkan warna atau pewarna pada suatu gambar yang akan dihasilkan. Kegiatan mewarnai telah menjadi keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak sejak dini. Anak tidak hanya mengenal macam-macam warna namun juga memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri. Maka, diharapkan dengan memberikan kegiatan mewarnai dengan media sisir dapat meningkatkan pengembangan kreativitas anak secara optimal. (*/lis)

Guru TK Bina Kasih II Dlimoyo, Kec. Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya