Membangun Karakter Anak melalui Kegiatan Mendongeng

Oleh : Adi Sunu Pamungkas S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 melanda dunia tanpa mengenal tempat termasuk di Indonesia. Hal ini memaksa proses pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dalam jaringan di semua wilayah. Proses pembelajaran ini menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya terbatasnya ruang gerak guru dalam mengawasi proses tumbuh dan kembangnya karakter anak. Selama kurun waktu dua tahun melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukanlah waktu yang dapat dianggap remeh atau singkat dalam proses tumbuh kembangnya karakter anak.

Semenjak beredar keputusan bahwa sekolah bisa dilakukan secara tatap muka penuh, munculah permasalahan yang dikhawatirkan oleh guru. Salah satunya adalah bagaimana sikap dan karakter anak dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Anak selama kurang lebih dua tahun terbiasa belajar di rumah secara jarak jauh dengan berbagai platform media sosial maupun LMS, dengan aturan-aturan yang sudah dinegosiasikan terlebih dahulu terutama bagi anak sekolah dasar. Hal ini mengakibatkan anak terbiasa dengan aturan yang longgar. Ketika belajar secara daring di rumah, anak diharapkan mendapat bimbingan dari orang tua. Tetapi kenyataannya, orang tua juga disibukkan dengan aktivitas bekerta maupun aktivitas sosial. Sehingga saat pembelajaran daring, pemantauan guru kurang maksimal. Hal inilah yang melatarbelakangi anak menghadapi kesulitan saat situasi belajar tatap muka di sekolah. Anak menjadi cepat jenuh dan kurang fokus mengikuti pembelajaran dari guru.

Baca juga:  Metode Air Melatih Siswa dalam Memahami Materi

Salah satu misi SDN Salatiga 02 adalah membentuk siswa berkepribadian luhur. Dongeng adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan wawasan kepada anak secara tidak langsung. Melalui cerita dongeng pesan tersebut tersaji dengan menarik dalam balutan tokoh dan latar cerita yang beragam, yang tentunya akan dengan mudah diterima oleh anak. Kegiatan mendongeng menjadi salah satu kegiatan pembiasaan yang dilakukan di kelas 4a SDN Salatiga 02 di awal tahun ajaran baru ini. Kegiatan mendongeng ini dilaksanakan setelah siswa melakukan kegiatan pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan, melafalkan Pancasila, dan menyanyikan lagu mars sekolah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan mendongeng ini adalah untuk membangun karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga:  Asyik Belajar Komunikasi Matematis dengan TPS

Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter adalah melalui memberikan pesan-pesan moral tersirat di cerita-cerita dongeng. Mendengarkan dongeng adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi siswa, apalagi dilakukan di awal kegiatan yang mampu membangkitkan semangat belajar. Mereka dengan antusias meminta guru membacakan dongeng sebelum masuk dalam pembelajaran.

Dongeng selalu dibacakan oleh guru di pagi hari sebelum masuk pada kegiatan pembelajaran. Adanya tokoh-tokoh yang muncul dengan berbagai macam sifatnya serta polah tingkahnya memunculkan antusias anak dalam menerka, mencari dan memahami pesan moral dan wawasan yang tersirat dalam cerita dongeng. Kegiatan mendongeng ini mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan dalam peningkatan karakter anak.

Baca juga:  Replika dari Botol Plastik Pelajari Respirasi Jadi Menarik

Dongeng memungkinkan guru dan orang tua mendidik serta membentuk karakter yang positif bagi anak. Munculnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam setiap ceritanya secara tidak langsung menjadikan nilai tambah bagi kita, karena anak akan lebih mudah menerima penanaman nilai karakter melalui tokoh-tokoh dalam dongeng. Nilai-nilai kehidupan yang muncul pada dongeng dapat membangun karakter anak serta nilai kebaikan bagi diri anak.

Kegiatan menumbuhkan karakter anak tidak bisa dilakukan secara sepihak saja dalam hal ini hanya menyerahkan sepenuhnya kepada guru dan sekolah. Menumbuhkembangkan karakter anak menjadi tanggung jawab dan kesadaran bagi semua pihak, baik orang tua maupun masyarakat. Melalui kegiatan-kegiatan yang positif seperti mendongeng, kegiatan menumbuhkan karakter anak dapat dilakukan baik di sekolah maupun lingkungan keluarga. (ks/ida)

Guru SD Negeri Salatiga 02, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya