Youtube sebagai Media Pembelajaran Seni Drama

Oleh: T.Wiwik Triyanti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memberikan dampak di semua sektor, termasuk dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka terbatas yang dilakukan belum sepenuhnya efektif. Karena waktu terbatas sehingga membuat guru harus memutar otak agar materi bisa tersampaikan dengan baik.

Era globalisasi membawa perkembangan pesat dalam teknologi informasi, komunikasi dan pendidikan. Salah satu produk teknologi yang menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah youtube. Dengan video dalam youtube bisa menjadi sarana pencarian ide dan materi yang membuat siswa tidak bosan.

Proses pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara guru dengan peserta didik di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik. Tetapi harus berusaha memilih cara tepat agar pengetahuan secepatnya dapat diterima peserta didik. Seorang guru harus menyampaikan materi dengan menarik agar siswa dapat menerima dan memahami dengan baik.

Baca juga:  Menyimpulkan Makna Teks Puisi dengan Game Wheel of Fortune

Penggunaan media pembelajaran akan membawa pengaruh penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari satu sumber yang terencana. Sehingga terjadi lingkungan belajar kondusif. Penggunaan media pembelajaran agar peserta didik dapat menyerap materi, tidak bosan dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Media pembelajaran merupakan sarana fisik menyampaikan isi materi pelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran dapat menunjang peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.Belajar melalui video youtube menjadi salah satu alternatif guru dalam memberikan materi drama kepada peserta didik.

Pembelajaran drama maupun puisi merupakan salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia. Cara penerapannya secara praktek langsung. Sehingga dalam proses pembelajarannya dibutuhkan materi serta pelatihan yang tidak sedikit. Yang menjadi momok bagi peserta didik adalah bagaimana cara menampilkan suatu drama. Sedangkan mereka kadang merasa malu berakting, tidak percaya diri dan kurang paham apabila tidak dijelaskan secara detail bagaimana menjadi tokoh antagonis, protagonis dalam sebuah drama.

Baca juga:  Berkorespondensi Surat Resmi Lebih Menyenangkan dengan Peer Deck

Dalam penyampaian materi drama tidak hanya dibutuhkan penjelasan dari guru. Tetapi dibutuhkan media yang tepat untuk menyampaikan materi. Kondisi saat ini menambah kesulitan guru dalam menyampaikan materi karena kurangnya jumlah tatap muka antara guru dan murid.

Youtube adalah salah satu aplikasi video yang dapat diunduh dan diunggah. Aplikasi ini bisa mempermudah dalam memberikan materi pelajaran drama pada siswa SMA. Karena siswa dapat melihat contoh sebuah lakon drama secara langsung, melihat ekspresi, mimik dan tokoh saat berakting. Hal itu mempermudah guru dalam menjelaskan kepada siswa. Media pembelajaran youtube akan memperjelas pesan pembelajaran agar tidak terlalu monoton mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan panca indera ditengah pandemi.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Teks dengan Metode Think Pair Share

Dengan youtube guru bisa langsung mempraktikkan dan siswa akan lebih memahami apa yang disampaikan guru. Pembelajaran drama melalui video akan lebih merangsang psikomotorik siswa. Karena mata bekerja mengamati video dan telinga membantu mengoptimalkan apa yang dilihat. Kondisi tersebut merangsang suasana menjadi tenang, menyenangkan dan nyaman. Mempermudah guru menyisipkan pesan pembelajaran dan informasi kepada peserta didik.

Dengan video youtube diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari seni drama, menimbulkan semangat belajar dengan interaksi langsung antara peserta didik dengan sumber belajar. Dengan begitu, tentu tingkat pemahaman dan proses pembelajaran semakin optimal. Pembelajaran drama menggunakan media youtube sangat efektif meningkatkan pemahaman peserta didik. Mereka lebih asyik menikmati pembelajaran dan lebih santai. Jika belum paham siswa bisa mengulang materi. (tt1/fth)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Bawang, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya