alexametrics

Pembelajaran Permasalahan Sosial Interaktif dengan Aplikasi Padlet

Oleh : Anne Widayati S.Sos

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran sosiologi mempunyai peran penting dalam meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik terhadap perubahan sosial di lingkungan sekitar. Kesadaran akan identitas diri dalam hubungan dengan kelompok sosial dalam konteks lingkungan masyarakat sekitar sangat penting untuk dikembangkan. Kemampuan peserta didik ditunjukkan dalam keterampilan sosialnya dalam menjalin kerjasama, menyikapi permasalahan sosial, melakukan tindakan kolektif memecahkan masalah-masalah publik, dan membangun kehidupan publik sangat diharapkan.

Kehidupan bangsa ke depan dihadapkan pada berbagai masalah dan tantangan perubahan sosial sebagai dampak globalisasi. Saling ketergantungan hubungan antar bangsa membawa dampak tersendiri terhadap perubahan masyarakat baik di tingkat lokal dan nasional. Perkembangan perubahan seperti itu membutuhkan kepedulian tersendiri dari praktek pendidikan dan proses pembelajaran sehingga peserta didik menjadi lebih peka dan memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan sosial.

Dalam Kurikulum 2013 materi permasalahan sosial dipelajari di kelas XI semester 2. Pada tingkatan ini peserta didik diharapkan mampu memahami konsep permasalahan sosial, menglasifikasikan permasalahan sosial berdasarkan berdasarkan sumber-sumbernya, menganalisis partikularisme kelompok dan dilema kepentingan umum, menganalisis ragam permasalahan sosial dalam masyarakat, menerapkan penanganan masalah sosial dalam masayarakat dan membuat tulisan yang berkaitan dengan respon peserta didik terhadap penanganan masalah sosial dengan isu terkini.

Baca juga:  Meningkatkan Minat Belajar IPS dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping

Dalam mencapai indikator tersebut guru harus selalu kreatif. Anak zaman Z tidak akan merasa nyaman jika harus belajar secara konvensional. Mereka lebih tertarik dengan hal-hal berbau teknologi. Mereka juga sangat tertarik dengan media-media pembelajaran yang berbasis teknologi yang interaktif dan menyenangkan.

Media pembelajaran dapat membantu guru dalam melaksanakan salah satu tugas utamanya yaitu menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik atau siswa-siswinya dengan efektif. Kreativitas guru dalam membuat media dan menyajikan materi pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang baik adalah mempunyai kualitas tampilan yang menarik, memberikan pengalaman kepada peserta didik, memiliki ciri khas, mudah dalam penggunaan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Inti dari pembuatan media pembelajaran adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Baca juga:  Asyik Berhitung KaBaTaKu Menggunakan Jarimatika

Salah satu alternatif media pembelajaran menarik berbasis internet adalah padlet. Padlet adalah perangkat yang netral, karena berfungsi di semua perangkat yang mendukung internet, termasuk PC, laptop, tablet, smartphone. Dan tidak ada perangkat lunak atau aplikasi yang perlu diunduh atau dipasang, sehingga bisa digunakan langsung oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Tulisan dinding yang dibuat di Padlet dapat diekspor dengan beberapa cara, termasuk PDF atau spreadsheet, atau disematkan ke blog, situs, atau laman lainnya.

Padlet merupakan aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Padlet dapat digunakan oleh peserta didik dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan peserta didik dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen. Catatan dari peserta didik terekam pada dinding dan dapat terbaca oleh peserta didik yang lain. Dengan demikian, peserta didik akan saling berdiskusi secara daring pada papan padlet tentang permasalahan sosial. Guru memberikan umpan tentang permasalahn sosial yang kemudian peserta didik secara daring dapat langsung berdiskusi sehingga pembelajaran menjadi interaktif, menarik dan tentunya motivasi peserta didik menjadi meningkat. Guru dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk menerima email setiap kali seorang peserta didik mengirim tugas atau materi review tertentu ke dinding guru.

Baca juga:  Pro Student Medsos sebagai Upaya Menambah Penghasilan Peserta Didik

guru dan peserta didik dapat mengetik, rekam suara Anda, tambahkan hyperlink, menambahkan foto, menambahkan dokumen.

Aplikasi padlet membuat kolaborasi guru dan peserta didik semakin hidup. Pembelajaran interaktif terlihat jelas melalui penggunaan aplikasi ini. Motivasi belajar peserta didikpun semakin meningkat dan tentu saja hal ini berbanding lurus dengan prestasi pesrta didik. (igi1/ida)

Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 1 Subah, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya