alexametrics

Giatkan Pembelajaran Kimia dengan Make a Match

Oleh : Menik Purpuniyanti

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di awal wabah Covid-19 terjadi perubahan begitu signifikan pada proses pembelajaran. Mengakibatkan begitu banyak penyesuaian yang harus dilakukan. Baik oleh murid, guru maupun orang tua murid.

Proses pembelajaran pun tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Setelah berjalan dua tahun, dan wabah mulai mereda, kembali dilakukan proses pembelajaran dengan cara tatap muka meski dalam kondisi terbatas. Agar tidak terjadi learning los dimasa pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) maka proses pembelajaran harus efektif dan inovatif.

Menurut Suparlan (2008) pembelajaran yang efektif dan inovatif merupakan suatu pendekatan dalam proses pembelajaran memungkinkan murid melakukan kegiatan yang beragam untuk meningkatkan keterampilan, sikap dan pemahaman dengan menggunakan berbagai sumber belajar, alat bantu belajar. Dengan pembelajaran inovatif diharapkan akan meningkatkan minat murid dalam belajar. Setelah adanya perubahan dalam proses pembelajaran menuju proses pembelajaran tatap muka kembali. Pembelajaran kooperatif atau kelompok dipandang bisa menarik perhatian murid, dengan adanya saling interaksi antar teman. Dengan melibatkan seluruh murid akan lebih meningkatkan daya juang dalam belajar.

Baca juga:  Snowball Throwing Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Wonosegoro dalam pembelajaran kimia kelas X pada materi Tata Nama Senyawa adalah dengan menggunakan model Make a Match. Model ini dikenalkan Lurna Curran dalam Lie (2002), bahwa kegiatan belajar untuk mencari pasangan dengan menggunakan kartu yang merupakan jawaban soal dalam batas waktu tertentu, murid yang dapat mencocokkan kartunya akan diberi point. Bagi yang tidak berhasil mencocokkan kartunya akan diberi sanksi atau hukuman yang disepakati bersama.

Dengan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) murid lebih aktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Disamping itu make a match memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat serta berinteraksi dengan murid lain. Hal inilah yang menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi aktif dalam kelas.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Operasi Bilangan Pecahan dengan Realistic Mathematics Education

Langkah pembelajaran model make a match menurut Aqib Zainal (2013) 1) Guru menyiapkan beberapa kartu berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review (satu sisi berupa kartu soal dan sisi sebaliknya berupa jawaban). 2) Setiap siswa mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang. 3) Siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soalatau kartu jawaban). 4) Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point. 5) Setelah satu babak, kartu dikocok lagi. 6) Kesimpulan.

Dengan make a match siswa di SMA Negeri 1 Wonosegoro kelas X MIPA 3 sangat antusias belajarnya. Artinya bisa dipastikan akan ada peningkatan hasil belajar pada materi yang diajarkan. Materi tata nama senyawa sebagai pilihan dalam penerapan pembelajaran dengan model make a match ini.

Baca juga:  Peningkatan Kreativitas dan Sikap Ilmiah Siswa Belajar Hukum Kepler dengan GI

Tata nama senyawa merupakan bagian dalam materi pelajaran Kimia kelas X. Pada materi ini terdapat beberapa sub materi dari tata nama senyawa kimia biner logam –non logam, tata nama senyawa biner non logam – non logam, tata nama senyawa poliatomik sederhana, tata nama senyawa kimia sederhana sesuai aturan IUPAC. Penerapan make a match membuat semua murid tergerak dan lebih mengena. Karena mereka mengingat akan pasangan yang didapatkan, dan kumpulan point akan semakin membuat semangat belajarnya.

Dengan pembelajaran make a match mampu menumbuhkan minat belajar. Sehingga semakin giat dalam belajar. Proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi, dan materi yang diajarkan lebih mengena dan diingat murid. (igi1/fth)

Guru Kimia SMA N 1 Wonosegoro, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya