25 C
Semarang
Minggu, 2 April 2023

Tingkatkan Pemahaman Sifat-Sifat Segi Empat melalui Puisi dan Lagu

Oleh : Suprapti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Selama pandemi, pembelajaran lebih sering diadakan secara jarak jauh atau daring. Dengan menggunakan media zoom, G-meet, dan atau classroom. Pembelajaran seperti itu lebih sering bersifat monoton. Karena kita tidak bisa mengetahui sejauh mana keaktifan dan pemahaman siswa. Apalagi untuk materi pelajaran Matematika. Di mana pelajaran ini dianggap sulit.

Siswa sering menggunakan aplikasi yang ada di internet untuk menyelesaikan soal-soal kuis yang diberikan guru. Sehingga mereka hanya menyalin jawaban di aplikasi. Untuk itu dibutuhkan metode yang bisa mengaktifkan siswa agar membuat mereka lebih memahami materi yang diberikan.

Salah satu materi pelajaran matematika yang membutuhkan pemahaman mendalam adalah materi Segi Empat. Di mana di dalamnya diajarkan tentang sifat-sifat segi empat. Materi ini diajarkan jenjang SMP kelas VII semester satu. Sifat-sifat segi empat sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan soal-soal segi empat. Baik yang berkaitan dengan luas, keliling, panjang sisi, sudut dan lain-lain.

Baca juga:  Aksi Ekspesi Solusi Belajar IPA di Masa Pandemi

Siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 39 mengalami kesulitan menggunakan sifat-sifat dari segi empat yang sesuai untuk menyelesaikan soal-soal segi empat. Untuk mempermudah pemahaman, penulis berusaha menggunakan metode yang digemari anak-anak zaman sekarang. Yakni dengan menggunakan aplikasi Tik-Tok, Snack video dan lain-lain.

Tahapan yang dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran tentang sifat-sifat segiempat adalah pertama guru membagi anak menjadi 6 kelompok sesuai dengan banyaknya segiempat. Yaitu persegi, persegipanjang, jajargenjang, trapesium, layang-layang dan belah ketupat. Kedua setiap anggota kelompok membuat puisi atau lagu yang berisi tentang sifat-sifat segiempat sesuai dengan kelompoknya. Untuk lagu bisa diadopsi dari lagu-lagu yang ada dan syairnya diganti dengan sifat-sifat segiempat sesuai dengan kelompoknya. Ketiga dari proses ini adalah merekam puisi atau lagu dalam bentuk video sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Bisa berupa video HP, Tik Tok, Snack Video, Karaoke dan lain-lain. Tahap keempat mendownload video yang mereka rekam dan terakhir mengupload video mereka ke classroom yang sudah penulis siapkan sebagai tempat pengumpulan tugas tersebut.

Baca juga:  Pembelajaran Audio-Lingual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Penulis berharap menerapkan metode pembuatan video lagu atau puisi dalam penanaman konsep sifat-sifat segiempat di kelas VII SMP 39 bisa membuat pembelajaran bermakna dan siswa lebih memahami materi tersebut. Disamping itu jika pembelajaran jarak jauh sudah tidak diberlakukan lagi, metode ini masih relevan untuk digunakan.

Dengan penerapan metode ini penulis sekaligus pengajar kelas VII SMP 39 Semarang berharap agar minat siswa pada proses pembelajaran Segi Empat bisa meningkat, khususnya pada sub bab sifat-sifat segi empat. Dengan begitu, dimungkinkan meningkat pula pemahaman tentang sifat-sifat segi empat yang bisa mereka gunakan untuk menyelesaikan soal-soal segi empat baik yang berkaitan dengan luas, keliling dan besar sudut. Sehingga meningkat pula prestasi belajar siswa terhadap materi tersebut. (ks/fth)

Baca juga:  Lawatan Sejarah sebagai Model Pembelajaran

Guru SMP Negeri 39 Semarang


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya