Pahami Modernisasi dengan Membuat Kliping

Oleh: Siti Shiyama, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang kehidupan sosial kemasyarakatan. Termasuk di dalamnya permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sosial. Ilmu sosial merupakan bahan kajian yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi dan ekonomi (Rudy Gunawan, 2006:36).

Pendidikan IPS di sekolah dasar dipelajari melalui pembelajaran yang terpadu. Yaitu memadukan ilmu sosial seperti sosiologi, sejarah, geografi dan ekonomi dipadukan menjadi satu mata pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Agar mampu mencapai tujuan dari belajar IPS, tentu harus ada aplikasinya dalam pembelajaran. Kenyataannya, selama ini sering kita mendengarkan keluhan bahwa pembelajaran IPS membosankan, tidak menarik dan berkesan bersifat hafalan. Untuk itu guru hendaknya memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik.

Baca juga:  Penggunaan Animasi Model Tingkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya

Dalam memberikan materi modernisasi pada peserta didik kelas 6 SD Negeri 2 Juwiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, guru menggunakan metode dengan membuat kliping. Modernisasi adalah proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju.

Kliping adalah suatu kegiatan menggunting atau memotong bagian tertentu dari media cetak. Seperti majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain. Setelah itu, potongan disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang. Seperti kertas, kartu, karton dan lainnya untuk dijadikan bahan dokumentasi. Jadi, satu buah kliping biasanya mewakili satu tema tertentu. Jika dilihat dari bentuknya simpel dan praktis. Memang tampaknya membuat sebuah kliping bisa dibilang mudah, namun sebenarnya proses membuatnya tidak sembarangan.

Baca juga:  Pembelajaran Kimia dengan Memanfaatkan Google Classroom

Sebelumnya, peserta didik sudah diberi tugas untuk mencari artikel, gambar dari surat kabar, majalah, internet atau media lainnya tentang modernisasi dan dampaknya secara sosial dalam kehidupan. Mereka membawa peralatan seperti gunting, lem, dan kertas HVS. Setelah peserta didik membawa tugas yang telah diberikan, mereka mulai menggunting gambar-gambar seperti HP, laptop, gedung bertingkat, kompor gas, becak, tungku, dan masih banyak lagi. Kemudian menempel gambar tersebut pada kertas HVS.

Tak lupa peserta didik menjelaskan pengertian gambar yang mereka tempel per lembar halaman dan mencantumkan sumbernya. Sehingga peserta didik diharapkan memahami materi tentang pengertian modernisasi dan dampak modernisasi secara sosial dalam kehidupan.

Kegiatan pembelajaran harus menantang, menyenangkan, mendorong eksplorasi, memberikan pengalaman sukses, dan mengembangkan kecakapan berpikir siswa (Dikti, 2005). Dengan pembuatan kliping membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan bagi peserta didik. (kd/fth)

Baca juga:  Penggunaan Quizziz di Tengah Pandemi Tingkatkan Prestasi Siswa

Guru SD Negeri 2 Juwiring Kec. Cepiring Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya