alexametrics

Tingkatkan Keterampilan Membaca dengan Sylabic Methode

Oleh : Haryati, S.Pd SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keterampilan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 2 semester 1 tahun pelajaran 2021-2022 di SD Negeri Sengi 2 masih kurang. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru berupaya memilih metode yang tepat agar siswa mudah memahami dan mempraktikkan keterampilan membaca. Penggunaan syllabic method (metode suku kata) merupakan metode yang tepat dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan membaca. Siswa akan lebih cepat memahami materi dan hasil belajar akan meningkat.

Syllabic method atau metode suku kata adalah salah satu metode yang sangat relevan dengan materi keterampilan dan pembahaman membaca permulaan siswa kelas rendah. Penggunaan metode suku kata (syllabic method) pada keterampilan membaca siswa, mampu meningkatkan pemahaman siswa dibanding tanpa penggunaan metode ini dalam pembelajaran.

Baca juga:  Zoom Cloud Meeting Tingkatkan Keterampilan Membaca dan Menganalisis Ayat Alquran di Masa Pandemi

Membaca permulaan merupakan aspek penting dari empat keterampilan membaca. Meliputi keterampilan mendengar, berbicara, membaca permulaan dan menulis. Jika pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca permulaan maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas berikutnya (Abdurrahman, 2003).
Metode suku kata (syllabic method) merupakan penerapan pengenalan huruf kepada siswa dengan cara merangkaikan suku kata menjadi huruf kemudian menjadi kata. Langkah pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan syllabic method atau metode suku kata sebagai berikut :

Pertama, siswa membaca kata dengan media papan kata. Letakkan papan kata di depan kelas, bisa digantung atau disandarkan pada benda lain. Papan kata berisi kata yang menjadi objek baca siswa, di bawahnya tertulis suku kata yang akan disusun oleh siswa.

Baca juga:  Teknik Scanning Tingkatkan Keterampilan Membaca Kelas Tinggi

Kedua, guru mendemonstrasikan secara klasikal untuk menyusun suku kata menjadi kata. Ketiga, masing-masing siswa menyusun suku kata menjadi sebuah kata. Keempat, siswa diminta membaca papan kata yang sudah disusun. Kelima, dengan dibimbing oleh guru siswa membaca kata pada media papan kata. Siswa dapat membaca dengan lebih mudah dan lancar.

Kelebihan syllabic method (metode suku kata) adalah dalam membaca tidak mengeja huruf demi huruf sehingga mempercepat proses penguasaan kemampuan membaca. Dapat belajar mengenal huruf dengan mengupas atau merangkai suku kata yang dipergunakan dalam unsur unsur hurufnya. Penyajian tidak memakan waktu yang lama. Dan dapat secara mudah mengetahui berbagai macam kata.

Pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan syllabic method (metode suku kata) membuat siswa termotivasi untuk belajar, merasa senang dengan pembelajaran yang langsung dipraktikkan sendiri. Dengan sendirinya tertanam ingatan tentang konsep membaca yang mudah dan menyenangkan. Sehingga hasil belajar siswa meningkat dan tujuan pembelajaran yang telah disusun oleh guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tercapai. Terbukti penggunaan syllabic method dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan membaca. (mj/lis)

Baca juga:  Pembelajaran Menyajikan Teks Persuasi dengan Media Iklan dan Poster

Guru SDN Sengi 2, Kec. Dukun, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya