alexametrics

Survei Kebutuhan Kerja Siswa SMK Melalui Mentimeter

Oleh: Kusumadewi, S.Pd., M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sekolah menengah kejuruan merupakan sekolah vokasional yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja andal di bidang masing-masing. Sesuai kebutuhan dunia kerja.
Tidak banyak orang mengetahui pentingnya kehadiran sekolah vokasi. Padahal sekolah vokasi diharapkan mampu memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan dunia kerja. Jika masyarakat mengetahui secara detail tentu akan lebih memilih sekolah vokasi dibandingkan sekolah umum. Namun, seiring perkembangan dunia usaha dan dunia industri, keberadaan sekolah vokasional atau sekolah menengah kejuruan menjadi pilihan utama siswa lulusan SMP.

Seperti sekolah vokasi lainnya, SMK Negeri 1 Kandeman menyiapkan siswa yang diharapkan mampu bekerja dan bersaing di dunia kerja secara sehat. Artinya siswa dibekali dengan sikap supportive. Mereka akan bekerja sesuai dengan bidang keahlian masing-masing yang sangat dibutuhkan di dalam perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu, mereka akan bersaing secara sehat dengan cara meningkat keterampilan di dunia kerja sesuai dengan dibutuhkan.

Baca juga:  Meningkatkan Kebiasaan Belajar dengan Layanan BK Teknik Diskusi

Ada tujuh jurusan di SMK Negeri 1 Kandeman yang nantinya dapat menjaring tenaga kerja andal. Semua jurusan disesuaikan kondisi daerah setempat dan dirancang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta dunia industri (DUDI). Selain itu, sekitar 1.491 siswa dilatih dan dididik sesuai jurusan yang mereka pilih.

Meskipun siswa disiapkan menjadi tenaga kerja terampil dan andal, mereka tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru bimbingan dan konseling. Hal ini sangat penting agar calon tenaga kerja siap secara psikologis.

Sejak awal penjurusan, siswa sudah diarahkan mengkonsultasikan jurusan yang mereka pilih dengan guru bimbingan konseling (BK). Terlebih bagi siswa kelas akhir yang akan bekerja. Mereka diminta selalu berkomunikasi secara intens dengan guru BK dengan melibatkan orang tua. Dengan demikian, pekerjaan yang mereka dapatkan nantinya benar-benar bisa menjadi penopang hidup mereka dan juga keluarganya.

Baca juga:  Analisis SWOT untuk Siswa SMK

Untuk mengetahui minat siswa di dunia kerja, guru BK selalu melakukan konseling dan survei. Namun, sebagian besar siswa masih enggan memberikan informasi terkait dengan bidang kerja yang mereka butuhkan ketika ditanya secara langsung. Oleh karena itu, penulis menggunakan mentimeter.

Penggunaan mentimeter dimaksudkan untuk menggali informasi terkait dengan pilihan perusahaan dan bidang pekerjaan yang mereka harapkan. Para siswa dengan antusias mengikuti survei dengan media yang berbeda dari biasanya. Melalui mentimeter, para siswa banyak tertarik bekerja di perusahaan besar. Pada survei berikutnya, para siswa memilih perusahaan besar terkait dengan upah yang akan diperoleh. Dari hasil survei selanjutnya, para siswa tidak terlalu bermasalah dengan kota tempat mereka bekerja nantinya apakah itu di dalam kota atau di luar kota.

Baca juga:  Ubah Image Negatif Guru BK melalui Personal Branding

Berdasarkan pengamatan penulis dan hasil wawancara, sebagian besar siswa mengikuti survei dengan antusias. Ini dikarenakan adanya hal baru bagi mereka. Yaitu penggunaan media survei yang lain daripada biasanya. Mereka dapat berkomunikasi secara interaktif dan dapat menggali informasi sangat berguna bagi masa depan mereka. (wa1/fth)

Guru Bimbingan dan Konseling SMKN 1 Kandeman, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya