alexametrics

Pembelajaran IPS Berbasis Feature Video

Oleh : Endang Haryanti, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi menuntut kita untuk melek informasi atau mengetahui sesuai perkembangan zaman. Salah satu sarana untuk mengetahui informasi tersebut adalah melalui pembelajaran di sekolah. Pencapaian tujuan pembelajaran dipengaruhi oleh banyak hal seperti sarana dan prasarana, guru, media dan metode, serta kondisi lingkungan tempat sekolah tersebut berada. Semua hal tersebut harus terpenuhi dengan baik agar pencapaian tujuan dapat optimal.

Salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan pada pendidikan sekolah menengah pertama adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang merupakan mata pelajaran dengan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif, guru hanya memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh peserta didik agar kegiatan pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Media ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran IPS. Guru dituntut untuk menggunakan media ajar agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Feature Video

Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari guru menuju penerima (peserta didik). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran (Daryanto,2016:8). Feature video adalah jenis tayangan yang dibuat dengan tehnik penulisan berita yang ringan yang menyampaikan fakta dengan cara menarik.

Melalui penerapan feature video dengan pokok bahasan hutan mangrove dapat ditampilkan secara menarik dengan menampilkan perpaduan gambar, suara, dan video, sehingga dengan penerapan feature video ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan prestasi belajar IPS siswa SMP N 1 Bawang.

Pada pengembangan media pembelajaran berbasis feature video dilakukan dengan model ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Tahap analisis adalah langkah awal untuk mengetahui tingkat kemampuan peseta didik. Desain adalah merekayasa model pembelajaran berbasis feature video sedemikian rupa dengan merumuskan tujuan pembelajaran baik umum maupun khusus, kemudian mengembangkan butuir-butir soal yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan siswa. Tahap pengembangan, guru menyusun dan merekayasa model pembelajaran berbasis feature video dengan pokok bahasan hutan mangrove. Tahap Implementasi adalah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran yang meliputi keefektifan, kemenarikan dan efisiensi pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan berbasis feature video efektif dan berhasil.

Baca juga:  Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Pasar Online Tingkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Dengan pembelajaran berbasis feature video, peserta didik tidak jenuh untuk mengikuti pembelajaran, menjadikan peserta didik senang untuk belajar. Peserta didik juga tidak merasa bosan seperti pembelajaran pada umumnya yang hanya mendengarkan informasi atau keterangan dari guru. Peserta didik juga dapat berperan aktif dalam pembelajaran dengan cara ikut berkreasi dalam menampilkan atau membuat video pembelajaran yang menarik. Peserta didik juga dirangsang untuk aktif dengan melakukan pengamatan terhadap video yang ditampilkan.

Kita sebagai guru akan merasa senang apabila minat dan motivasi belajar peserta didik tinggi, sehingga berdampak pada hasil belajar yang menjadi semakin baik. Semoga pembelajaran berbasis feature video ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih berkreasi dengan menggunakan metode atau model pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik, sehingga prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. (bat2/ton)

Baca juga:  Pembelajaran Literasi IPS Kelas VIII Nasionalisme Masa Kini

Guru IPS SMP Negeri 1 Bawang, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya