alexametrics

Duo Poster, Solusi Materi Kerjasama Ekonomi Internasional

Oleh : Maul Kholishoh, S.Pd., M.Si.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kata Duo bila disandingkan dengan kata lain ada rasa yang beda. Bahkan terkadang istimewa. Misalnya kata ice cream duo rasa yang tergambar dan terasakan adalah paduan dua rasa yang istimewa. Karena hasil campuran dari dua rasa misalnya coklat dan kacang.

Begitu juga di sekolah SMA Negeri 4 Semarang pada pembelajaran Ekonomi kelas sebelas pada materi Kerjasama Ekonomi Internasional dengan kompetensi Dasar yang berbunyi mendeskripsikan kerjasama ekonomi internasional. Sebagai guru Ekonomi, penulis menerapkan metode pembelajaran yang istimewa dan berbeda. Penulis beri nama Duo Poster. Dengan harapan materi kerjasama ekonomi internasional yang bersifat hafalan menyenangkan dan dipahami peserta didik. Dalam rangka menyiapkan peserta didik menjadi manusia-manusia yang mampu bersaing di era global ini.

Kata Duo Poster berasal dari kata Duo dan Poster. Arti kata Duo dalam Kamus Bahasa Inggris Indonesia adalah pasangan. Duo dalam hal ini adalah pasangan peserta didik yang membuat poster kerjasama ekonomi internasional yang dilengkapi dengan logo ataupun lambangnya yang masing-masing peserta didik membuat sebelas logo atau lambang sesuai dengan nomor absennya ganjil atau genap. Sehingga terkumpul dan tersaji dua puluh dua logo kerjasama ekonomi internasional.

Baca juga:  Matematika Agrikultur: Upaya Mempertahankan Kualitas Pembelajaran di SMK

Poster menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia logo mengandung dua arti salah satunya adalah berarti huruf atau lambang yang mengandung makna terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dan sebagainya. Lambang itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia salah satu artinya adalah sesuatu seperti tanda (lukisan, lencana, dan sebagainya ) yang menyatakan suatu hal yang mengandung maksud tertentu. Adapun Poster yang penulis maksudkan dalam kegiatan belajar mengajar ini adalah siswa diminta untuk membuat poster sejumlah logo atau lambang organisasi kerjasama ekonomi internasional.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Membaca melalui Video Call

Tahapan yang penulis lakukan dalam kegiatan belajar mengajar Duo Poster ini adalah diawali penyampaian tujuan pembelajaran dan indikator materi kerjasama ekonomi internasional yang harus dikuasai peserta didik. Peserta didik diminta menggambar poster yang dimaksud dan sesuai dengan pembagiannya. Tepatnya adalah ada dua puluh dua logo atau lambang kerjasama ekonomi internasional yang sudah tersusun dengan urut sesuai dengan pembagiannya. Masing-masing anak akan menggambar sebelas logo pada kertas HVS. Setiap lembar kertas HVS memuat tiga logo atau lambang. Dengan ketentuan nomor absen ganjil menggambar logo atau lambang kerjasama ekonomi internasional nomor ganjil dan demikian sebaliknya.

Dengan menggunakan pensil warna terciptalah logo atau lambang dari berbagai macam organisasi kerjasama ekonomi internasional yang dilengkapi dengan narasi singkat tentang logo atau lambang yang bersangkutan. Misalnya logo ASEAN dilengkapi dengan nama, sejarah singkat, kawasan atau wilayah kerja, nama Negara anggota dan tujuan didirikannya. Dengan cara acak, ditunjuk lima pasang nomor absen yaitu ganjil dan genap untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Dengan presentasi materi yang sama dan berulang maka materi kerjasama ekonomi internasional yang bersifat hafalan menjadikan peserta didik mudah memahaminya.

Baca juga:  Wisata Virtual, Alternatif Media Pembelajaran Kepariwisataan di Masa Pandemi

Dari proses pembelajaran dengan Duo Poster yang sudah penulis laksanakan menunjukkan bahwa Duo Poster dapat digunakan sebagai solusi cerdas untuk tetap menghasilkan peserta didik yang bermutu. Peserta didik senang dan nilai yang diperoleh seratus persen mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) sebesar 78. Covid-19 menuntut guru dapat menemukan terobosan-terobosan baru pada metode pembelajaran. Semoga Duo Poster semakin sempurna pelaksanaannya. Sehingga revolusi penyelenggaraan pendidikan dapat menyajikan pendidikan yang semakin menyenangkan, bermutu dengan efektif dan efisien. (bat1/fth)

Guru Ekonomi SMA N 4 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya