alexametrics

Tabel, Mempermudah Siswa Belajar Mencari Akar Pangkat Tiga

Oleh : Nur Khamidah, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Peserta didik kelas lima SD Negeri Toso 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang kesulitan dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Apalagi setelah lama anak-anak belajar dari rumah, sehingga saat di sekolah di sekolah waktu digunakan bermain dengan temannya. Sehingga kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran.

Guru, akhirnya mencari solusi untuk mencari model dan media yang tepat yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Demi tercapainya tujuan pembelajaran. Agar siswa dapat aktif dan menarik. Salah satunya dengan menggunakan tabel dalam menjelaskan cara mencari akar pangkat tiga. Dengan harapan, anak antusias, menarik dan tidak membosankan. Menurut Dewey (Suwarno,2009:56), bahwa guru berperan untuk menyediakan sarana bagi siswa untuk belajar.

Agar pembelajaran berjalan lancar, guru menjelaskan dulu materi bilangan pangkat tiga dan akar pangkat tiga. Bilangan pangkat tiga artinya bilangan dikalikan sebanyak tiga kali. Hasil bilangan yang dikalikan tiga disebut bilangan kubik. Sambil menerangkan guru memberikan contoh di papan tulis nilai akar pangkat tiga bilangan,hingga seribu dapat dicari dengan menggunakan tabel pangkat tiga dengan mudah. Untuk bilangan yang lebih dari seribu yaitu bilangan empat angka hingga enam angka, akar pangkat tiganya dapat dicari dengan pendekatan bilangan kubik dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Baca juga:  Belajar Degree of Comparison dengan Board Race Games

Pertama, siswa harus hafal bilangan kubik satu sampai seribu yaitu, satu, delapan, dua puluh tujuh, enam puluh empat, seratus dua puluh lima, dua ratus enam belas, tiga ratus empat puluh tiga, lima ratus dua belas, tujuh ratus dua puluh sembilan dan seribu. Kedua, menentukan hasil satuan bilangan yaitu dengan cara membuat tabel bilangan yang dipangkatkan dengan satuannya. Bilangan yang dipangkatkan satu satuannya satu, dua satuannya delapan, tiga satuannya tujuh, empat satuannya empat, lima satuannya lima, enam satuannya enam, tujuh satuannya tiga, delapan satuannya dua, sembilan satuannya sembilan.

Ketiga, menentukan hasil puluhan, kita lihat dari angka ribuan yang terletak pada antara bilangan sebagai berikut. Angka ribuan antara satu-tujuh hasilnya satu, angka ribuan antara delapan-dua puluh enam hasilnya dua, angka ribuan antara dua puluh tujuh-enam puluh tiga hasilnya tiga, angka ribuan antara enam puluh empat-seratus dua puluh empat hasilnya empat, angka ribuan antara seratus dua puluh lima-dua ratus lima belas hasilnya lima, angka ribuan antara dua ratus enam belas-tiga ratus empat puluh dua hasilnya enam, angka ribuan antara dua ratus empat puluh tiga-lima ratus sebelas hasilnya tujuh, angka ribuan antara lima ratus dua belas-tujuh ratus dua puluh delapan hasilnya delapan, angka ribuan antara tujuh ratus dua puluh sembilan hasilnya sembilan.

Baca juga:  Laser Meningkatkan Skill Bermain Sepak Bola

Sambil menjelaskan, guru memberikan contoh dengan melihat tabel yang sudah ditulis di papan tulis. Misal mencari akar pangkat tiga dari lima ribu delapan ratus tiga puluh dua, langkah mengerjakannya pertama, pisahkan mulai ribuan yaitu angka lima terletak antara satu sampai tujuh hasilnya satu. Kedua lihat satuannya yaitu cari pasangan angka dua pada tabel yaitu angka delapan. Jadi akar pangkat tiga dari lima ribu delapan ratus tiga puluh dua adalah delapan belas. Awalnya siswa diam, setelah diterangkan beberapa kali sambil tanya jawab, siswa mulai antusias kelas pun menjadi ramai siswa mulai senang dan minta diberikan soal-soal lagi.

Dengan metode ini, siswa mulai aktif dengan melihat tabel, untuk mengerjakan soal-soal dari guru. Yang awalnya harus menghitung dengan mengalikan. Dengan melihat tabel dan memasangkan angka satuan dan puluhan siswa dengan cepat dan menyenangkan dapat mengerjakannya.

Baca juga:  Belajar Membilang Loncat Menyenangkan dengan Lantai Keramik

Tidak terasa pembelajaran menggunakan tabel pada materi mencari nilai akar pangkat tiga, siswa lebih aktif, menyenangkan dan mudah dipahami. Karena tidak harus menghitung dengan perkalian. Terbukti hasil ulangan harian mencapai hasil yang maksimal sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan. (wa2/fth)

Guru SD Negeri Toso 01 Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya