alexametrics

Permainan Sepak Bola Membentuk Karakter Siswa

Oleh: Agus Sudiyarso

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BERMAIN sepak bola termasuk dalam permainan bola besar. Permainan bola besar artinya permainan bola dengan ukuran diameter yang besar. Contohnya bola sepak dalam permainan sepak bola, bola voli, bola basket, dan lain-lain. Permainan sepak bola memiliki berbagai macam Teknik dan aturan main yang ketat. Itu dikarenakan oleh permainan sepak bola membutuhkan banyak personil, yaitu 11 pemain tiap timnya. Dengan demikian, adanya wasit akan membantu jalannya permainan yang sesuai dengan aturan.

Bila dilihat dari sejarah munculnya permainan sepak bola, permainan ini merupakan permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Selain teknik-teknik bermain sepak bola, ada hidden character yang tertanam dalam permainannya. Seperti yang dikemukakan oleh (Scheunemann Timo, 2005; Suka dan Budi Sri, H, 1995) melalui permainan sepak bola kita mengharapkan dalam diri anak akan tumbuh dan berkembang semangat persaingan (competition), kerja sama (cooperation), interaksi sosial (social interaction), dan pendidikan moral (moral education). Jelas terlihat bahwa satu permainan bola besar dapat menumbuhkan karakter dan meningkatkan\
teknik permainannya.

Baca juga:  Matematika Dapat Membentuk Karakter Siswa dalam Menyelesaikan Masalah

Semangat berkompetisi dipupuk agar anak selalu mengasah keterampilan bermain sepak bola dengan teknik yang benar. Dengan begitu, kemenangan bisa diraih dengan cara yang bersih atau tidak melakukan kecurangan sama sekali. Memenangkan permainan tanpa kecurangan termasuk ke dalam pendidikan moral. Anak akan terlatih untuk selalu menjadi manusia bermoral. Anak yang suka berkompetisi juga akan terlihat lebih aktif dan kreatif sebagai upaya untuk meraih kemanangan.

Karakter yang dikembangkan selanjutnya adalah kerja sama. Kerja sama dalam satu tim sangat mutlak diperlukan. Ini harus dipupuk agar tim tersebut bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya. Mengasah keterampilan bermain sepak bola berdasarkan pembagian tugas secara tidak langsung akan memupuk kerja sama antar pemain dalam satu tim. Anak yang mendapat tugas sebagai penjaga gawang (goal keeper) bertanggung jawab untuk mempertahankan gawang agar tidak kebobolan oleh tendangan lawan. Namun, hal ini tidak mutlak menjadi tanggung jawab goal keeper. Pemain lain mempunyai andil dalam mempertahankan gawang agar tidak kebobolan lawan. Penjaga gawang dibantu pemain belakang, gelandang, dan penyerang mempertahankan gawang.

Baca juga:  Belajar Keliling dan Luas Lingkaran Semakin Menarik dengan Sparkol Videoscribe

Memberikan pemahaman tentang posisi masing-masing pemain kepada siswa dapat membentuk rasa solidaritas dan kerja sama serta tanggung jawab antarpemain. Ini harus disampaikan ketika siswa mengidentifikasi permainan sepak bola, terutama terkait dengan jumlah pemain, tugas para pemain, dan tanggung jawab masing-masing pemain pada posisi masing-masing. Selain itu, disampaikan pula bahwa setiap pemain mempunyai kewajiban yang sama dalam mencapai prestasi atau meraih kemenangan dengan memasukkan gol sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, semangat siswa akan terpupuk untuk selalu berpikir bahwa kerja sama itu sangat penting demi mencapai tujuan bersama.

Dengan adanya kerja sama, interaksi sosial antarpemain juga terjalin. Tidak mungkin antarpemain tidak ada komunikasi yang efektif. Interaksi inilah yang kemudian dapat mempererat persaudaraan yang pada muaranya kekuatan tim dapat terbangun. Hal yang tidak kalah pentingnya ketika mengajarkan permainan sepak bola untuk membentuk karakter siswa adalah adanya pendidikan moral. Siswa dididik untuk menunjukkan sportivitasnya ketika bertanding atau berkompetisi. Hal lain yang harus dijadikan pegangan adalah permainan yang jujur dengan penguasaan teknik yang benar.
Permainan sepak bola yang dianggap sebagai permainan rakyat yang sudah bisa dilakukan, ternyata mempunyai nilai pendidikan yang dalam untuk membentuk karakter siswa. Seperti yang diterapkan di SDN Binangun 2 Bandar, Batang. (wa2/zal)

Baca juga:  Optimalkan Pembelajaran Kalor dengan Word Square

Guru SDN Binangun 2 Bandar, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya