alexametrics

Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi dengan Pembelajaran Devid

Oleh: Faisal Sani, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAHASA merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia. Selain sebagai alat komunikasi sosial, salah satu fungsi bahasa yakni sebagai ekspresi diri. Bahasa memiliki fungsi ekspresi diri berarti bahwa bahasa berfungsi untuk menyalurkan perasaan, gagasan, dan emosi pengguna bahasa. Fungsi bahasa sebagai ekspresi diri dapat dimaksimalkan melalui apresiasi sastra anak.

Salah satu pembelajaran apresiasi sastra pada sekolah dasar yaitu membaca puisi. Sesuai dengan yang dipelajari siswa kelas 4 SD Negeri Pungangan 01 Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang pada muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tercantum dalam kompetensi dasar keterampilan KD 4.3 melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Dari pembelajaran yang sudah dilakuakan lewat demonstrasi dengan meminta siswa memeragakan pembacaan puisi di depan kelas, masih banyak siswa tidak mampu mencapai kompetensi. Sebanyak 80% siswa dalam membaca puisi tidak mampu mencapai aspek dalam jeda, intonasi, ekspresidan pelafalan. Hal ini karena kurangnya pengetahuan siswa tentang membaca puisi yang baik dan benar serta keterbatasan guru yang tidak dapat memberikan contoh membaca puisi yang baik dan benar.

Baca juga:  Menjadi Youtuber untuk Belajar Jurnal Penyesuaian

Handayani (2011) menyatakan “Sebagian besar proses belajar yang dialami manusia dibentuk melalui melihat sesuatu atau contoh.Dengan kata lain, seseorang dapat belajar melalui pengamatan dan meniru perilaku orang lain”. Agar pembelajaran sastra terutama membaca puisi bermakna dan dapat menstimulus kreativitas peserta didik maka dapat menggunakan media video pembelajaran. Video tersebut juga dapat membantu kekurangan guru dalam memberikan contoh pembacaan puisi yang baik dan benar.

Media video pembelajaran juga dapat memberikan referensi kepada siswa bagaimana cara membaca puisi yang baik dan benar dengan mengamati, melihat, dan mendengar video, siswa dapat mengetahui ekspresi dan gerak tubuh melalui pengamatan, jeda dan intonasi melalui pendengaran. Hal ini sejalan dengan pendapat Laila Sajida Hanif, dkk (2018: 78) bahwa “Media video pembacaan puisi dapat menambah antusias siswa dalam pembelajaran membaca puisi”.

Baca juga:  Aplikasi WA, Google Form dan Blog Atasi Pembelajaran Matematika Masa Corona

Selain penggunaan media video pembelajaran, guru juga perlu menerapkan model pembelajaran untuk melaksanakan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan pada siswa kelas IV SD Negeri Pungangan 01, yakni Model Demonstrasi. Melalui model tersebut siswa dapat mendemostrasikan langsung pembacaan puisi yang baik dan benar setelah menonton video pembelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran di mulai dengan kegiatan pendahuluan berupa salam dan doa, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran dan pemberian motivasi. Selanjutnya guru melakukan pembelajaran sesuai sintaks model Demonstrasi dan penggunaan media video. Pada kegiatan ini siswa mengamati peragaan guru membaca puisi, kemudian siswa mengamati video pembelajaran yang berupa video pembacaan puisi. Setelah pengamatan video guru meminta pendapat kepada siswa tentang pembacaan puisi pada video. Guru memberikan penguatan dan menjelaskan cara membaca puisi yang baik dan benar. Setelah itu, siswa membacakan puisi yang telah dibuat sebelumnya secara bergantian di depan kelas.

Baca juga:  Google Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Al Qur’an

Pada kegiatan akhir, guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami siswa. Siswa dengan bimbingan guru menarik simpulan materi yang telah dipelajari. Sebagai evaluasi akhir, siswa diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diperolehnya. Kemudian guru melakukan refleksi dengan menyampaikan kesan-kesan belajar menggunakan power point, lalu mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa.

Penerapan model pembelajaran Demontrasi didukung media video pembelajaran (Devid) ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SD Negeri Pungangan 01 dengan indikasi 96% siswa mendaapatkan nilai diatas KKM. (wa2/zal)

Guru SDN Pungangan 01 Limpung Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya