alexametrics

Tingkatkan Keterampilan Siswa dengan Laboratorium Virtual

Oleh : Yuwono Catur Minarti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA kegiatan pembelajaran sains aspek pengetahuan dan keterampilan tetap harus dilaksanakan dan diberikan pada siswa. Masalah muncul pada saat kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara online yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Demikian yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SMPN 32 Semarang untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sekolah memiliki peralatan laboratorium yang cukup memadai dalam jenis maupun jumlahnya. Tetapi bagaimana jika dilaksanakan secara PJJ online dimana peralatan laboratorium ada di sekolah, sedangkan siswa ada di rumah masing-masing.

Agar efektivitas PJJ daring dan luring dapat tercapai, maka guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang paling sesuai dengan Kompetisi Dasar yang akan diajarkan. Peran seorang guru yang kreatif dan inovatif sangat penting untuk siswa tetap semangat dan termotivasi aktif. Dalam pembelajaran PJJ daring dan luring aspek pengetahuan dan ketrampilan tetap harus seiring sejalan. Masalah ini harus terpecahkan, siswa tetap bisa mendapatkan kegiatan praktikum laboratorium meski belajar dari rumah.

Baca juga:  Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual pada Praktikum Hukum Ohm

Menurut Riyanto (2009), model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk aktif dan mandiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah melalui pencarian data, sehingga diperoleh solusi dengan rasional dan autentik. Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut, mulai dari siswa, guru, fasilitas pendukung, lingkungan dan media pembelajaran yang digunakan. Materi Pengukuran merupakan materi pelajaran yang sangat mengutamakan aspek ketrampilan, dengan metode Problem Base Learning (PBL) dan praktikum mandiri menjadi pilihan penyampaian materi pelajaran kepada siswa.

Siswa yang aktif dan kreatif didukung oleh fasilitas dan guru inovatif dan motivatif, semakin menambah kualitas proses pembelajaran untuk hasil maksimal. Media pembelajaran umtuk meningkatkan aspek keterampilan siswa dalam proses pembelajaran materi pengukuran yang disajikan di SMPN 32 Semarang adalah memperkenalkan laboratorium virtual melalui aplikasi Edu Store dari Kemendikbud. Dalam aplikasi Edu Store kita bisa mendapatkan banyak permainan yang edukatif dalam pembelajaran siswa dari beberapa mata pelajaran untuk tingkat dasar, mulai SD, SMP/MTs, SMA dan SMK.

Baca juga:  Media Papan Pecahan Tingkatkan Prestasi dalam Materi Pecahan

Langkah-langkah untuk instal aplikasi Edu Store dapat dipelajari melalui google atau youtube, di antaranya, buka melalui playstore instal aplikasi Edu Store, lanjut pilih program yang diinginkan sesuai kebutuhan pengguna. Banyak program yang disediakan oleh aplikasi Edu Store tidak saja untuk siswa tapi juga untuk guru dan orangtua siswa.

Dengan metode pembelajaran Problem Base Learning (PBL) menggunakan aplikasi Edu Store meningkatkan aspek keterampilan dengan media laboratorium virtual. Laboratorium virtual sangat membantu dalam mengimplemantasikan kegiatan praktikum secara virtual untuk melatih ketrampilan siswa dalam pembelajaran PJJ daring atau luring.

Diungkapkan oleh Sutrisno (2012:47), laboratorium virtual digunakan untuk demonstrasi sebelum praktikum yang sebenarnya, praktikum yang sebenarnya berlangsung di laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual adalah salah satu bentuk laboratorium dalam bentuk software yang menstimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada di laboratorium sebenarnya.

Baca juga:  Belajar IPA Menyenangkan dengan Model TGT

Persiapan proses pembelajaran PBL dengan media laboratorium virtual untuk materi Pengukuran, yaitu pertama, pilih Kompetensi Dasar pembelajaran yang sesuai dengan materi yang tersedia dalam aplikasi. Kedua, persiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD). LKPD ini untuk memudahkan siswa dalam melakukan aktivitas sesuai intruksi yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran. Ketiga, siapkan tutorial untuk menginstal laboratorium virtual melalui Edu Store, laboratorium virtual yang bisa diakses gratis dari aplikasi Edu Store dengan program Rumah Belajar Kemendikbud.

Hasil implementasi penggunaan laboratorium virtual ini bagi siswa antara lain, siswa mempunyai pengalaman langsung dalam mengolah keterampilan praktikum, siswa menikmati pola permainan dalam kegiatan praktik secara virtual, siswa dapat melakukan praktik virtual kapan saja dan dimana saja. Pada umumnya siswa sangat suka, karena bentuk game sangat edukatif dan sesuai dengan materi pembelajaran dalam kompetisi dasar. (bat1/ida)

Guru SMPN 32 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya