alexametrics

Kreativitas dan Semangat Wirausaha Meningkat melalui Project Ekonomi Kreatif

Oleh : Dra Indartik M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Daya kreatif merupakan salah satu kecakapan hidup yang harus ditumbuhkan di kalangan peserta didik. Ini akan menjadi bekal kehidupan di masa depan. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriyadi, 2001:7).

Kreativitas mampu menumbuhkan jiwa wirausaha, yaitu kemampuan menangkap peluang, mengumpulkan sumber daya dan mengambil sebuah tindakan serta memastikan dan memprediksi sebuah keberhasilan. Insan-insan kreatif dan berjiwa wirausaha sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern yang syarat persaingan. Tentunya hal tersebut tidak akan tumbuh secara instan, namun muncul dari proses panjang dan bisa ditumbuhkan di bangku sekolah melalui proses pembelajaran.

Kompetensi Dasar (KD) 3.3 mata pelajaran IPS di kelas IX, salah satunya adalah materi Konsep Ekonomi Kreatif dengan lingkup industri kreatif mencakup 14 subsektor. Materi tersebut sangat strategis dengan titik fokus pada pengembangan kreativitas peserta didik dan membangun semangat kewirausahaan sebagai modal kelak dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Model Picture and Picture

Kondisi riil di lapangan dalam pembelajaran IPS dikelas IX SMP Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2021/2022 baik dalam suasana daring maupun PTM terbatas masih banyak ditemui kendala. Mulai dari pembelajaran kurang kondusif, rendahnya kreativitas yang mempengaruhi hasil akhir dalam penguasaan konsep maupun dalam penerapan di kehidupan sehari-hari. Maka seiring dengan penerapan kurikulum 2013 dengan penguatan pendidikan karakter dan keterampilan abad 21, perlu dicari solusi alternatif agar pembelajaran lebih menarik, kreativitasnya muncul, sehingga semangat wirausaha akan tumbuh.

Konsep ekonomi kreatif dengan pilihan project ekonomi kreatif berbasis adiwiyata dalam pembelajaran IPS, sejalan dengan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam mengurangi sampah plastik, maupun program 4R yang meliputi, Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan program Replace (mengganti).

Baca juga:  Asyiknya Belajar Spreadsheet dengan Metode Teman Sebaya

Terkaut project ekonomi kreatif dengan cakupan 14 subsektor menjadi alternative dalam pembelajaran berbasis project penuh dengan muatan pendidikan karakter. Konsep ini sangat sederhana yaitu membuat project tertentu, seperti kerajinan dari limbah sampah kertas dan plastik menjadi hiasan untuk memperindah kelas. Penerapannya sebagai berikut, pertama, penjelasan dan sosialisasi model pembelajaran dengan alternatif tersebut dan pembentukan kelompok. Kedua, setiap kelompok menentukan jenis produk dan bahan limbah yang dipilih. Ketiga, setiap anggota kelompok mencari bahan tambahan dari limbah di lingkungan sekolah. Keempat, setelah terkumpul, siswa berdiskusi tentang ide-ide yang muncul dari mengolah limbah untuk dikreasikan menjadi produk yang bernilai guna. Kelima, menghasilkan sebuah produk, disusun laporan dan dipresentasikan. Keenam, hasil produk dikemas sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan dipajang di almari displai.

Baca juga:  Tingkatkan Pembelajaran Introduction Oneself And Others dengan Intoduction Chain.

Konsep tersebut telah penulis praktikkan dalam pembelajaran di kelas IXG dan IVH SMP Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Situasi proses pembelajaran menjadi dinamis, menarik, siswa sangat antusias, kreativitas muncul, pembelajaran lebih kondusif dan bermakna, pemahaman konsep ekonomi kreatif dan semangat kewirausahaan meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan persentase tingkat ketuntasan belajar. Jangka panjang dalam penerapan project ini diharapkan bisa berkontribusi dalam menumbuhkan kesadaran di kalangan peserta didik untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. (ump1/ida)

Guru IPS SMP Negeri 11 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya