alexametrics

Video Pembelajaran Mudahkan Pemahaman Siswa pada Materi Metamorfosis

Oleh: Fahsyadzah Almubarroq

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 telah banyak mengubah tata cara belajar para siswa di berbagai sekolah. Ada sekolah yang masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ada juga yang sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Demikian juga yang terjadi di SD Negeri Pegandon sudah melaksanakan PTMT sejak tahun pelajaran 2021/2022. PTMT yang dijalankan oleh seluruh warga sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan. Satu ruang kelas hanya diisi siswa sebanyak 50 persen dari kapasitas ruang dan pembelajaran dimulai pukul 07.30-09.30 tanpa jam istirahat.

Berjalannya waktu, ternyata PTMT terasa kurang efektif karena para siswa sudah merasa jenuh dengan sistem PTMT. Dengan jam pembelajaran di kelas tanpa jam istirahat dan metode pembelajaran yang monoton membuat siswa selain bosan juga kurang bisa dalam pemahaman materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Misalnya saja, di kelas IV SD Negeri Pegandon akhir-akhir ini ada beberapa siswa yang terlihat jenuh mengikuti pelajaran dan nilai para siswa yang menurun. Dari 28 siswa di kelas IV biasanya yang tuntas KKM mencapai 80 persen (22 siswa). Namun karena mereka mulai jenuh akibatnya banyak siswa yang nilainya tidak tuntas KKM, yang tuntas hanya 55 persen (15 siswa).

Baca juga:  Bermain “PuzMeo” Tingkatkan Pemahaman IPA

Dalam Kurikulum 2013 (Kurtilas), guru dituntut menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa agar siswa lebih semangat dan senang dalam mengikuti pembelajaran serta dapat lebih mudah memahami materi. Media adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar (Briggs, 1970 dalam Sadiman, 2008, 6). Apabila siswa mampu memahami materi pelajaran dengan baik, maka diharapkan hasil belajar siswa akan bertambah baik pula.

Dengan adanya masalah tersebut maka perlu adanya model atau media pembelajaran baru yang menarik untuk menggugah semangat belajar para siswa. Pada pembelajaran saat ini, media internet sangatlah menunjang segala segi kehidupan kita, tak pelak juga dunia pendidikan. Dengan adanya internet, kita mampu mengakses segala informasi di seluruh penjuru dunia. Para guru pun diminta untuk selalu up to date agar tidak ketinggalan zaman. Maka saya mencoba menggunakan media video pembelajaran. Begitu pula saat menyampaikan pembelajaran di kelas IV Semester II SD Negeri Pegandon tahun pelajaran 2021/2022 Tema 7 materi Metamorfosis muatan pelajaran IPA, guru menggunakan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Jaring-Jaring Kubus Melalui Puzzle Karpet

Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip–prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. Video pembelajaran yang digunakan adalah tentang metamorfosis nyamuk dan jangkrik. Siswa diberikan kedua video pembelajaran tersebut untuk mengetahui perbedaan antara metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Saat pemutaran video pembelajaran, guru memberikan pertanyaan–pertanyaan untuk memancing rasa percaya diri siswa dalam menjawab dan sekaligus mengecek pemahaman siswa tentang video tersebut. Setelah pemutaran video selesai, guru memberikan lembar kerja siswa untuk dikerjakan, mengoreksi lembar kerja tersebut, dan memberikan penilaian. Setelah itu guru pun memberikan umpan balik kepada siswa. Dan jumlah siswa yang tuntas KKM mencapai 95 persen (26 siswa). Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat memudahkan pemahaman siswa tentang materi metamorfosis dan meningkatkan nilai para siswa. (kd/aro)

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berbicara dengan Role Playing

Guru Kelas IV SDN Pegandon, Kec. Pegandon, Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya