alexametrics

Metode Blended Learning Solusi Pembelajaran PJJ di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : M. Amiril Mu'minin, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Berdasarkan Surat Edaran Bupati Pekalongan nomor 443.1/01 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran covid 19 di Kabupaten Pekalongan dan Surat Edaran Sekda Kabupaten Pekalongan tentang Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada PAUD/SD/SMP dan PNF pada masa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di Kabupaten Pekalongan menyatakan bahwa mulai tanggal 17 Februari – 23 Februari 2022 pembelajaran dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagai seorang guru saya harus mencari solusi yang tepat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh tersebut, salah satu metode yang saya gunakan adalah dengan metode blended learning.

Blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran luring dan daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan google classroom. Melalui google classroom tersebut saya mengirimkan tugas untuk mempelajari materi. Misalnya pada pembelajaran yang saya laksanakan pada Kamis, 17 Februari 2022 mapel IPS KD 3.4 “mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya”, saya mengirimkan materi dan video pembelajaran. Selain melalui kegiatan daring, saya juga melakukan kegiatan luring yang dilaksanakan dengan mengunjungi kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 siswa dengan jadwal jam kunjungan yang telah ditetapkan untuk masing-masing kelompok.

Baca juga:  Cooperative Script Meningkatkan Keaktifan Siswa Mempelajari Nilai-nilai Pancasila

Dalam kunjungan tersebut saya membahas materi yang telah dikirim melalui google classroom. Tujuan dilakukan kunjungan tersebut yaitu untuk membimbing siswa dalam memahami materi tersebut agar tidak terjadi kesalahan pemahaman oleh siswa. Siswa dapat menanyakan materi yang sukar atau belum dipahami sehingga siswa bisa menguasai materi tersebut dengan baik. Selain itu kunjungan tersebut juga mengantisipasi bagi mereka yang tidak bisa mengakses signal internet sehingga mereka bisa tetap mendapatkan materi selama masa pandemi covid 19 dengan baik.

Metode blended learning ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode yang digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19. Metode tersebut telah terbukti memberikan hasil yang sangat baik. Siswa dapat mempelajari materi seperti tatap muka biasa tetapi siswa tersebut sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang telah dikirim oleh guru melalui google classroom. Sehingga waktu tatap muka bisa dimaksimalkan dengan hasil yang maksimal pula.

Baca juga:  Analisis Nilai Akademik dan Evaluasi Strategi Belajar Siswa

Penggunaan metode ini bisa dilaksanakan selama masa pandemi covid 19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus covid 19. Pada intinya kita sebagai pendidik harus siap melakukan pembelajaran dalam kondisi apapun dan kita dituntut untuk menjawab tantangan tersebut dengan melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran sehingga pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju dan bermutu. Selamat berinovasi. (ump2/ton)

Guru Kelas SD Negeri 02 Rogoselo, Kec. Doro, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya