alexametrics

Menggunakan Model Diskusi pada Materi Mempertahankan NKRI

Oleh: Sus Setianingsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BENTUK negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang di proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara yang berdaulat dan berhak menentukan nasib dan arah bangsanya sendiri. Daerah memiliki peranan penting dalam perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan.

Materi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terdapat pada KD 3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pada KD 4.6. Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Materi ini disampaikan kepada siswa kelas VII pada semester II di sekolah kami yaitu SMP Negeri 5 Pemalang.

Guru pada kesempatan ini membagi kelompok diskusi dalam jumlah kecil mengingat pembelajaran sekarang ini dibatasi lima puluh persen dari jumlah satu kelas untuk setiap harinya.

Baca juga:  Penerapan Personal Model pada Permasalahan Keberagaman Masyarakat Indonesia

Jadi kami tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat juga, dikarenakan situasi pandemi covid 19 yang belum berakhir. Pelaksanaan tetap pada ruang kelas masing – masing. Namun antusiame siswa tetap bersemangat dan terkesan lebih tertib mungkin karena jumlah siswanya yang terbatas.

Siswa mempersiapkan buku cetak sebagai pendamping dan dapat mengambil informasi dari buku – buku penunjang lain dapat pula bersumber dari internet yang berhubungan dengan materi Mempertahankan NKRI. Siswa merespon berjalannnya kegiatan pembelajaran di kelas dengan baik yang dipandu oleh guru. Guru tetap meminta tagihan pembelajaran dari hasil diskusi yang dibuat oleh siswa.

Siswa dikenalkan materi, ditanamkan rasa cinta tanah air, mengenal sejarah perjuangan bangsa dan peran dari daerah dalam perjuangan berdirinya NKRI mengandung nilai – nilai yang harus diwarisi generasi muda, seperti : Perjuangan melawan penjajah oleh daerah memiliki arah tujuan ysng sama, yaitu kemerdekaan Indonesia, Tokoh pejuang daerah merupakan tokoh pejuang bangsa Indonesia, Persatuan dan kesatuan terbukti menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, Sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, Bangsa Indonesia telah sepakat membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pilihan yang tepat.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Bermain Ular Tangga

Dalam diskusi kelompok kecil ini siswa benar-benar mengerti, menghayati dan melaksanakan. Tidak hanya sekedar materi untuk dibaca, tetapi diskusi tersebut nantinya siswa diterapkan di masyarakat dimana mereka hidup dengan lingkungannya. Diskusi akan membawa pemikiran yang positif dari tiap – tiap kelompok, akan muncul jawaban dan ide – ide dari siswa dengan wawasan yang mereka miliki.

Kebanggaan terhadap daerah masing – masing perlu terus ditanamkan dalam masyarakat. Keberagaman daerah tetap dipelihara baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Namun pengembangannya tetap dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Upaya bela negara dan pertahanan keamanan negara ditunjukan untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga:  Grup WA Bantu Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Pendidikan berasal dari kata “didik”, lalu kata ini mendapat awalan “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya, memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. (menurut Muhibbin Syah, 2010: 10 ).

Diskusi kelompok kecil pada materi Mempertahankan NKRI alhamdulillah berjalan sesuai rencana dan respon yang positif. Berharap siswa sebagai generasi muda berkewajiban mewujudkan nilai – nilai perjuangan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai lingkungan kehidupan secara nyata. (ump2/zal)

Guru SMPN 5 Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya