alexametrics

Memanfaatkan Surat Kabar untuk Belajar Sebuah Teks Iklan

Oleh : Suliah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Surat kabar adalah media informasi cetak yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari – hari. Jadi tidaklah sulit untuk menemukannya dimana pun kita berada. Dalam surat kabar banyak informasi atau berita yang dimuat akan tetapi ada salah satunya iklan.

Iklan yang termuat dapat berupa makanan, minuman, kendaraan bermotor dan sebagainya. Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk berupa barang atau jasa. Sehingga pembaca tertarik untuk membeli produk atau menggunakan sebuah jasa. Dalam pembelajaran iklan ini terdapat pada KD. 3.14 Menyebutkan struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks iklan produk dan jasa, sesuai konteks penggunaannya. Dan pada KD. 4.15 Menangkap makna dalam teks iklan produk dan jasa, sangat pendek dan sederhana.

Materi iklan ini diberikan kepada siswa kelas IX di semester II, di SMP Negeri 5 Pemalang. Materi belajar darimana pun dapat kita peroleh salah satunya dari surat kabar ini. Dalam pembelajaran ini guru memang telah mempersiapkan beberapa surat kabar, dan guru memberikan ulasan tentang teks iklan.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Hobby melalui Course Review Horay

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang (Edgar Dalle).

Setiap siswa oleh guru untuk mencari iklan produk atau iklan jasa pendek dan sederhana dari sumber surat kabar. Mengumpulkan gambar dan foto iklan produk dan iklan jasa dari surat kabar. Memberikan komentar dan pandangan tentang fungsi iklan produk dan iklan jasa pendek dan sederhana pada ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan dan sebagainya.

Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan antara iklan produk dan iklan jasa pendek dan sederhana dalam bahasa Inggris, kemungkinan menggunakan ungkapan, akibat dan sebagainya.

Baca juga:  Interaksi Edukatif dalam Komunikasi Pendidikan Agama Islam

Membaca rujukan dari berbagai sumber termasuk buku teks dan internet untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari iklan produk dan iklan jasa. Siswa dituntut membaca lebih cermat semua iklan produk dan iklan jasa pendek dan sederhana yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto untuk memberikan komentar dan pandangannya pada fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya.

Semua yang disampaikan oleh guru tentunya tidak selalu berjalan sesuai harapan, misalnya tidak semua langsung paham pada materi yang tersaji. Guru harus mengulang – ulang penjelasannya agar siswa betul – betul paham. Dan jika masih dirasa sulit dalam pemahaman antar siswa, tentunya di beri kesempatan bertanya. Guru pun siap untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh siswa.

Selain guru memberikan pembelajaran dan tugas serta memberikan penilian meliputi tingkat pemahaman fungsi sosial, iklan produk dan iklan jasa pendek dan sederhana, Tingkat kelengkapan dan keruntutan pemahaman tentang iklan produk dan iklan jasa. Tingkat ketepatan unsur kebahasaan, tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapihan dalam menulis.

Baca juga:  Peningkatan Penguasaan Irregular Verbs melalui Kahoot

Pendidikan ditafsirkan dengan makna untuk mempertahankan manusia dengan kebutuhan-kebutuhan yang senantiasa bertambah, dan merupakan suatu harapan untuk dapat mengembangkan diri agar berhasil, serta untuk memperluas, men-intensif-kan ilmu pengetahuan dan memahami elemen-elemen yang ada di-sekitarnya. Pendidikan juga mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai akibat dari partisipasi individu dalam pengalaman-pengalaman dan belajar (Crow).

Alhamdulillah, siswa kami dapat mengikuti pembelajaran Memaanfaatkan Surat Kabar untuk Belajar Sebuah Teks Iklan, tidak mengalami kesulitan dalam pemahaman. Kiranya dengan pembelajaran ini nantinya siswa kami lebih luas wawasannya khususnya pada materi teks iklan dan jenis – jenis teks yang lain. (ump2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 5 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya