alexametrics

Masih Pandemi, Ini Tips Praktikum Sederhana Nan Aman

Oleh: Uswatun Khasanah, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI dan praktikum adalah dua hal berbeda yang berada pada dua sisi berlawanan. Praktikum berada pada sisi rencana pembelajaran saat normal yang akan dilakukan, sedangkan pandemi dari sisi sebelahnya yang menghambat pelaksanaan pembelajaran. Jika kita memang merencanakan praktikum sederhana nan aman, maka tips ini boleh dicoba.

Praktikum biasanya dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran tatapmuka. Dengan format ini, guru dan tim akan lebih mudah dalam membina kegiatan praktikum. Terlebih dalam praktikum, kita sudah tahu bersama begitu banyak hal yang pokok.

Ketika situasi dalam keadaan normal, mungkin saja kebutuhan itu dapat disediakan dengan mudah. Tetapi pandemi bukanlah hambatan biasa, dialah ancaman keselamatan yang tidak nampak dalam pandangan kita. Sehingga banyak hal perlu disesuaikan karena belum terkendalinya.

Pembelajaran sains (IPA) sangat identik dengan praktikum dan demonstrasi. Kebutuhan akan praktikum ini membuat semua sekolah jenjang SMP dan SMA harus memiliki laboratorium. Sudah tentu itu menjadi bukti kuat bahwa praktikum penting untuk menunjang pemahaman peserta didik terhadap apa yang diajarkan oleh guru.

Bagaimana dengan praktikum di saat adanya ancaman pandemic ini? Kemungkinan besar praktikum ditiadakan atau ditunda. Mengingat tidak mungkin melakukannya dalam format tatap muka, dan tidak mendukung pula jika dilakukan dalam format online.

Baca juga:  PjBL Meningkatkan Keaktivan Siswa Materi Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Topik yang dipilih haruslah topik yang tidak membahayakan keselamatan. Misalnya saja, topic pengukuran untuk mata pelajaran fisika. Praktikum dapat dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar mereka. Peserta didik dapat mencoba mengukur panjang buku, pulpen atau perlengkapan sekolah lainnya dengan menggunakan penggaris yang mereka miliki. Hal ini tentu akan mudah dilakukan. Begitupun dengan topik yang lain, yang penting tidak membahayakan keselamatan dan tetap dalam protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Mungkin ada di antara kita yang bertanya, kan kalau praktikum itu biasanya guru mencontohkan bagaimana cara praktikum? Bagaimana juga cara menggunakan alat ukur itu sehingga praktikumnya menjadi sukses?

Nah inilah yang kita tunggu – tunggu. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sebenarnya kita akan lebih mudah dalam melakukan demonstrasi untuk memandu kegiatan praktikum. Bagaimana caranya? Mungkin sebagian dari kita sebenarnya sudah sering melakukannya.

Baca juga:  Penggunaan Animasi Model Tingkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya

Kita bias memanfaatkan smartphone untuk mereka melakukan kegiatan demonstrasi tersebut. Hasil rekamannya dapat dibagikan melalui grup media social kelas itu, ataupun melalui platform e-learning yang digunakan. Apakah ada yang lebih praktis?Tentunya ada.

Kita dapat melakukannya dengan teknik Live View Demonstration. Teknik ini sempat saya ujicoba untuk mengatasi hambatan akibat jauhnya tempat duduk peserta didik dengan meja demonstrasi. Jika mereka semua mendekat, tentu praktikum menjadi tidak kondusif. Keunggulan teknik Live View Demonstration adalah alat dan bahan praktikum serta peragaan langkah-langkah praktikum dapat disorot secara lebih jelas. Sehingga peserta didikakan mendapatkan gambaran yang utuh terhadap apa yang disampaikan oleh guru Pembina praktikumnya. Dengan kemudahan itu, kiranya peserta didik akan dapat mencoba langkah – langkah praktikum sesuai dengan arahan guru pembina. Ini juga harus ditunjang dengan ketersediaan pedoman praktikum yang dapat dibagikan melalui grup media social kelas atau platform e-learning yang digunakan.

Tulisan ini hanya untuk menyajikan solusi bagi yang ingin melakukan praktikum mandiri dengan ditopang pembelajaran online. Paling tidak, merasakan hal yang nyata dari pembelajaran akan membuat mereka menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang dipelajari. Perlu dicatat bahwa tips ini boleh diuji coba jika persyaratan keselamatan sudah dipenuhi.

Baca juga:  Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia Meningkatkan Ketrampilan Siswa

Hal yang dipraktikkan secara mandiri pun adalah hal-hal yang tidak membahayakan. Keselamatan adalah hal utama bagi kita. Jika tidak memungkinkan dilakukan selama pandemi, maka tips ini dapat diterapkan saat keadaan sudah kembali normal. Metode ini pun juga bias diadaptasi untuk pembelajaran praktik yang lainnya. Yang pasti, syarat dan ketentuan protocol kesehatan serta keselamatan tetap berlaku.

Solusi lain praktikum di era pandemi adalah dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium maya. Pilihan ini juga cukup banyak tersedia di internet. Termasuk di dalamnya ada Platform Laboratorium Maya yang disediakan oleh Kemdikbud.

Sekarang tinggal di lihat mana yang paling cocok dengan keadaan di sekolah masing – masing. Semua jalan telah tersedia, baik praktikum mandiri nan sederhana dengan teknik Live View Demonstration maupun dengan media virtual. Tentu masing – masing ada kekurangan dan kelebihannya. Seperti yang diterapkan di SMPN 6 Petarukan. (ump2/zal)

Guru SMPN 6 Petarukan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya