alexametrics

Terapkan Model CTL Memperdalam Iman Kepada Hari Akhir

Oleh : Lesdah Agus Muhajirin, S.Pd.I.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Iman kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman yang harus didalami secara baik. Implementasi dari iman kepada hari akhir dilakukan dengan perbuatan baik yang diajarkan oleh Allah SWT kepada para hambanya dalam kehidupan bermasyarakat. Sederhananya, iman kepada hari akhir diterapkan dalam interaksi sosial di segala lingkungan kehidupan termasuk Lembaga pendidikan ataupun sekolah.

Konsep iman kepada hari akhir sudah diajarkan di bangku sekolah dasar atau SD. Salah satunya di SDN 01 Kajen Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan kelas 6 dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP). Materi ini tersurat dalam 3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. Dengan mempelajari KD 3.3 ini, diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyimpulkan hikmah yang dapat dipetik dari iman kepada hari akhir, sehingga ke depannya dapat menghayati serta mengamalkan perbuatan baik tersebut.

Baca juga:  Blanded Learning tanpa Tatap Muka

Pada praktiknya ternyata tidak mudah untuk menciptakan model pembelajaran yang tepat untuk mempelajari materi iman kepada hari akhir. Realita yang ada,meskipun sudah melewati masa pandemi covid-19, penerapan pembelajaran menggambarkan bahwa mempelajari materi seputar iman kepada hari akhir masih belum bisa memotivasi peserta didik untuk mengamalkannya. Hal tersebut terlihat ketika peserta didik diberikan beberapa pertanyaan di akhir pembelajaran sebagai review materi, masih banyak peserta didik yang belum bisa menjawab bagaimana yang sesungguhnya. Hal tersebut terjadi salah satunya dikarenakan guru hanya memberikan pemaparan singkat materi disertai penugasan kepada peserta didik tanpa diberikan penjelasan gambaran nyata.

Dengan adanya kondisi tersebut guru berusaha memperbaiki model pembelajaran KD 3.3 dengan materi hikmah iman kepada hari akhir sebagai implementasi dari rukun iman di kelas 6, SDN 01 Kajen Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan yaitu dengan mengubah model pembelajaran menjadi model contextual teaching and learning. Suprijono (2015:79) menjelaskan bahwa contextual teaching and learning atau pembelajaran kontekstual merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Baca juga:  Menanamkan Karakter Anak melalui Dongeng Anak

Enam komponen utama pendekatan CTL yang diperkenalkan oleh Depdiknas (2003) dan harus dipastikan oleh guru bahwa kompenen tersebut terlaksana di antaranya constructivism, inquiry, quetiong, learning community, modelling, reflection and authentic. Dalam penerapan pembelajaran diawali dengan memberikan materi pengantar sebagai salah satu rangsangan yang bisa menggugah daya nalar peserta didik. Kemudian, peserta didik dipersilahkan untuk menemukan jawaban pertanyaan seputar hikmah iman kepada hari akhir sesuai dengan apa yang pernah dialami oleh peserta didik maupun orang-orang disekitarnya dikehidupan sehari-hari. Hasil jawaban yang sudah disusun oleh peserta didik kemudian dipresentasikan sehingga bisa dinilai oleh guru di kelas.

Setelah model CTL diterapkan dalam pembelajaran PAI KD 3.3 dengan materi hikmah iman kepada hari akhir di kelas 6 SDN 01 Kajen Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ternyata mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, peserta didik menjadi lebih termotivasi untuk mengamalkan ketiga perbuatan baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hasil tersebut dapat dilihat ketika diakhir pembelajaran dilaksanakan review semua peserta didik menyatakan diri bahwasannya dengan meneguhkan keimanan kepada hari akhir, akan membiasakan perbuatan baik dan dapat meningkatkan rasa kecintaan kepada Allah, selain itu hati dan jiwa terasa lebih tenang dan kehidupan terasa lebih harmonis. (kj1/ton)

Baca juga:  Pembelajaran Lebih Menyenangkan dengan Kontekstual

Guru SDN 01 Kajen, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya