alexametrics

Pentingnya Motivasi Kepala Sekolah Bagi Guru di Masa PTMT

Oleh: Saichu, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN dalam suatu negara sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa. Pendidikan merupakan sebuah wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. lembaga pendidikan ditingkat sekolah yang membutuhkan seorang pemimpin yang handal dalam pengelola kemajuan sekolah. Biasanya masih banyak hal-hal kecil yang perlu diberikan pemimpin sebagai motivasi bagi para pendidik. Hal ini juga terjadi di SDN 1 Rejosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal.

Masih banyak guru yang membutuhkan motivasi sehingga dalam melaksanakan tugas terkesan sekedarnya. Hal ini membuat Kepala SDN 1 Rejosari Kecamatan Brangsong mencari solusi agar semua guru termotivasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. Kepala sekolah berupaya keras memotivasi guru dan karyawan yang di masa PTMT ini bisa melaksanakan tugas dengan maksimal.

Menurut Robbins (Didin Kurniadin, 2013: 289) kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok anggota agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Kepemimpinan merupakan terjemahan dari kata Leadershipyang berasal dari kata leader. Pemimpin (leader) ialah orang yang memimpin, sedangkan pimpinan merupakan jabatannya. Sedangkan Kepala sekolah adalah suatu jabatan diperoleh sebagai bentuk jawab dan bersifat amanah.

Baca juga:  Mudah Mengenal Bangun Datar melalui Permainan Bongkar Pasang

Kepala sekolah harus mampu menjadi Motivator Pendidikan. Motivasi adalah keinginan yang mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu (Mulyasa : 2003). Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk memotivasi seluruh sumber daya manusia yang ada di sekolah dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Motivasi merupakan faktor yang dominan yang menentukan keefektifan kerja.

Kepala sekolah adalah sosok pemimpin yang diharapkan mampu menjadi teman, sahabat, bahkan bagi keluarga di sekolah yang dipimpinnya. Kepala Sekolah SDN 1 Rejosari Kecamatan Brangsong sebagai pemimpin sedang berupaya keras bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan kemajuan sekolah dan mampu menjadi motivasi bagi semua guru dan karyawan yang ada di SDN 1 Kecamatan Brangsog Kabupaten Kendal.
Mewujudkan sebuah sekolah yang berkualitas diperlukan pemimpin yang mampu mengajak guru-guru yang mempunyai semangat kerja yang tinggi untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dan lulusan siswa kelas VI yang terbaik.

Baca juga:  Asyiknya Belajar tentang ASEAN dari Rumah dengan Aplikasi Kuis

Guru yang mempunyai motivasi kerja tinggi selalu menciptakan inovasi baru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Apabila di dalam sekolah terdapat sebagian guru yang mempunyai motivasi kerja yang rendah, maka mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya dengan hasil yang baik. Keadaan ini dapat menimbulkan hambatan dalam pencapaian hasil pekerjaan atau mempengaruhi efektifitas kerja guru. Motivasi kerja guru dan karyawan dapat ditunjukan dengan kedatangan guru yang tepat waktu sesuai jam masuk sekolah.

Hal ini dapat menjadi contoh baik bagi para siswa untuk menunjang proses penanaman kedisiplinan, selain itu berbagai prestasi guru pada umumnya dan prestasi sekolah pada umumnya yang dilatar belakangi oleh baiknya kualitas sumber daya manusia.

Baca juga:  Meningkatkan Kreativitas Guru melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Kerja

Setelah kepala SDN 1 Rejosari Kecamatan Brangsong memberikan motivasi kepada semua guru dan karyawan yang dipimpinnya, semua guru dan karyawan termotivasi dalam tugas pokok dan fungsinya di masa pandemi ini. Guru dan karyawan memiliki keterampilan konseptual senantiasa menemukan cara atau trik yang dapat digunakan untuk memajukan sekolah.

Dengan leadership kepala sekolah mampu berinovasi dalam merencanakan, merumuskan ide-ide cemerlang sehingga sekolah dalam perkembangannya senantiasa menemukan inovasi baru yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah yang dipimpinnya. (kd/zal)

Kepala SDN 1 Rejosari, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya