alexametrics

Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powtoon

Oleh : Diah Rusdiana Intan Palupi, S.T

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri pada dunia pendidikan. Sistem pembelajaran jarak jauh merupakan alternatif proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran online dengan aplikasi Powtoon. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, agar mencapai tujuan pembelajaran secara efektif (Sukiman, 2013).

Media pembelajaran online masih relevan jika diterapkan pada situasi offline seperti saat ini, untuk peserta didik maupun guru. Peserta didik dengan mudah mengakses materi pelajaran di mana saja.

Powtoon merupakan sebuah aplikasi berbasis web sederhana yang digunakan untuk membuat video animasi menarik dan cepat. Aplikasi ini membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran karena memiliki banyak fitur yang menarik yang belum dimiliki oleh kebanyakan aplikasi lainnya. Aplikasi Powtoon sangat mudah digunakan, cukup membuka layanan google chrome ataupun Mozilla. Ketik https://www.powtoon.com/ pada kolom penelusuran kemudian klik sign up, untuk melakukan pendaftaran. Sebaiknya menggunakan akun google. Isi alamat email, password email, nama depan dan nama belakang. Kemudian klik sign in me now maka akan muncul pemberitahuan untuk memverifikasi pendaftaran pada email yang telah digunakan. Setelah proses verifikasi pada email selesai maka Powtoon siap digunakan (Moch Agung Khoirudin, 2020).

Baca juga:  Guru PPKn Mentor Karakter di Kelas

Tampilan pertama pada Powtoon tersedia menu beranda, template, import, dan lembar kosong untuk membuat desain. Apabila mempunyai materi pembelajaran berupa file power point bisa langsung mengimpor ke aplikasi Powtoon dengan mengunakan menu import. Jika ingin membuat sebuah desain baru sesuai dengan keinginan, bisa menggunakan menu blank atau lembar kosong. Untuk pemula yang akan membuat sebuah video pembelajaran lebih baik memilih menu template yang sudah disediakan oleh Powtoon. Template pada Powtoon sangat lengkap. Powtoon telah menyediakan animasi atau gambar bergerak beserta background musiknya, kemudian mengedit tulisan atau poin penting yang akan kita tampilkan.

Tema dalam pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan dibuat dengan cara klik pada kolom pencarian. Temukan desain yang sesuai dengan klik pada tombol edit in studio. Untuk mengedit template yang sudah dipilih, akan muncul sebuah tampilan yang berisi beberapa slide video. Lakukan edit gaya, ukuran, warna dan jenis font yang akan kita tampilkan dengan menggunakan toolbox yang telah disediakan oleh Powtoon. Setelah selesai mengedit video, cek hasilnya dan simpan.

Baca juga:  Aman saat Pertemuan Online

Simpan video pembelajaran dengan klik pada menu ekspor yang terletak pada bagian kanan atas, maka akan muncul pulldown pilih jenis penyimpanannya. Apabila kita akan mengunggahnya ke media sosial YouTube, maka akan pilih akun YouTube dan langsung mengunggahnya. Jika ingin menyimpan di folder penyimpanan, cukup klik pada download MP4 (unduh MP4). Kesulitan pada penggunaan aplikasi Powtoon bisa diatasi dengan mencari pada mesin pencarian untuk mencari tutorial pembuatan media pembelajaran menggunakan Powtoon.

Aplilasi Powtoon cukup menarik dan interaktif, membuatnya pun tidak terlalu sulit. Bisa diterapkan pada semua mata pelajaran mulai dari SD sampai SMA. Penggunaan aplikasi Powtoon dapat meningkatkan minat belajar peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena fiturnya yang dinamis dapat mengurangi kebosanan peserta didik dalam belajar. Aplikasi ini merupakan salah satu alternatif pembuatan video pembelajaran yang berguna untuk peserta didik dan para guru. Selamat mencoba aplikasi Powtoon. (*/lis)

Baca juga:  Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menanggani Kenakalan Siswa SMP

Guru TIK SMAN 2 Wonosobo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya