alexametrics

Bermain “PuzMeo” Tingkatkan Pemahaman IPA

Oleh: Priyanto, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPA merupakan singkatan dari “Ilmu Pengetahuan Alam” yang merupakan terjemahan dari Bahasa Inggris “Natural Science”. Natural berarti alamiah atau berhubungan dengan alam. Science berarti ilmu pengetahuan. Jadi menurut asal katanya, IPA berarti ilmu tentang alam atau ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa di alam (Srini M. Iskandar, 1996: 2).

Salah satu tujuan pembelajaran IPA menurut BSNP (2013) adalah mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup.

Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran IPA kelas IV semester 2 disebutkan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah 3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. Materi pokok Metamorfosis.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar lewat Apresiasi Seni Tari

Untuk kali ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Sukorejo akan bermain “PuzMeo”. “PuzMeo” merupakan akronim dari Puzzle Metamorfosis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bermain dapat diartikan sebagai berbuat sesuatu untuk menyenangkan hati (dengan menggunakan alat-alat tertentu atau yang lain). Puzzle adalah permainan yang menyusun suatu gambar atau benda yang telah dipecah dalam beberapa bagian, Andang ismail (2011:199).

Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan diferensiasi sel yang secara radikal berbeda.

Terdapat dua jenis metamorfosis pada hewan, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Dikatakan sempurna dikarenakan bentuk larva sangat jauh berbeda dengan bentuk imagonya. Tahapan yang dilalui metamorfosis sempurna ada 4 tahap yaitu, telur – larva – pupa / nimfa – imago. Contoh metamorfosis sempurna diantaranya, katak, nyamuk, lalat, kupu-kupu. Metamorfosis tidak sempurna pada serangga hanya melalui tiga tahapan yaitu, telur – nimfa – imago (hewan dewasa).

Baca juga:  AKM sebagai Pendongkrak Kualitas SDM

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna mempunyai bentuk tubuh sama ketika kecil sampai dewasa. Yang membedakan adalah pertumbuhan sebagian tubuh hewan tersebut. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna walang, kepik, rayap, kutu daun, jangkrik, capung dan lain-lain.

PuzMeo (Puzzle Metamorfosis) adalah sebuah media bermain yang terdiri atas gambar metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna yang dipotong menjadi beberapa bagian kemudian di rangkai kembali dan ditempel pada sebuah kartu besar dengan kolom dibawahnya untuk memberikan penjelasan dan kesimpulan dari gambar yang sudah di rangkai.

Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses pembelajaran metamorfosis menggunakan media “PuzMeo” adalah sebagai berikut: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.) Presentasi materi. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok yang terdiri 4-5 siswa. Masing-masing kelompok mendapatkan PuzMeo sempurna dan PuzMeo tidak sempurna. Masing-masing kelompok merangkai PuzMeo dan berdiskusi untuk menyimpulkannya. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya didepan kelas. Guru menilai hasil diskusi dan presentasi serta memajang hasil kerja siswa.

Baca juga:  Pembelajaran IPS Berbasis Hybrid Learning di Masa New Normal

Dengan kegiatan bermain “PuzMeo” suasana kelas menjadi ramai dan menyenangkan. Setelah kegiatan selesai guru memberikan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi. Dari hasil penilaian guru terhadap tugas siswa menunjukkan semua nilainya di atas KKM. Dengan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan bermain “PuzMeo” dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis. (kd/zal)

Guru SDN 1 Sukorejo, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya