alexametrics

Belajar Matematika Bangun Ruang Asyik dengan Menyanyi

Oleh: Dida Aulia Rachmayani, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduksi, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Setiap terjadi perubahan kurikulum pembelajaran Matematika selalu ditekankan pada pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Akan tetapi pada pelaksanaannya guru kesulitan menghadirkan PAIKEM tersebut dalam kelas. Proses pembelajaran saat ini terlalu mementingkan perkembangan pada tataran pengetahuan, sehingga persoalan kreativitas pada taraf pemahaman konsep, prinsip dan kemampuan menyelesaikan masalah masih perlu ditingkatkan (Suyanto dan Djihad Hisyam, 2000:160-161).

Hal ini juga dialami oleh penulis yang menyebabkan siswa kelas V Semester 2 SD Negeri 1 Karangdowo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal kesulitan mengingat simpulan berbagai rumus bangun ruang yang sudah diberikan guru, sehingga setiap kali dilaksanakan evaluasi hasil yang diperoleh selalu rendah tidak sesuai harapan.

Baca juga:  Dengan Google Classroom Spada Asyik Belajar Matematika

Melihat permasalahan diatas diperlukan alternatif pemecahan masalah untuk membantu siswa memudahkan mengingat dan membuat pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dengan menggunakan “Metode Menyanyi” dalam pembelajaran matematika apalagi di masa PTM Terbatas, dengan keterbatasan waktu dan ruang karena harus tetap memnjaga protokol kesehatan (prokes).

Penggunaan Metode Menyanyi sangat menyenangkan bagi siswa Sekolah Dasar, anak anak usia Sekolah Dasar lebih suka menyanyi karena sesuai dengan tahapan usianya , dengan mengganti syair lagu dengan rumus rumus bangun ruang maka siswa dengan mudah mengingat bahkan menghafal materi yang di ajarkan guru.

Adapun tahapan pembelajaran dengan metode menyanyi pada materi volume bangun ruang terdiri atas langkah-langkah berikut: 1) Guru menjelaskan materi hingga simpulan dari rumus volume bangun ruang, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu yang liriknya akan diganti dengan rumus volume bangun ruang, 2) Guru memberi contoh menyanyikan lagu sesuai dengan lirik lagu yang berisi rumus volume bangun ruang, 3). Siswa menyanyikan lagu sesuai dengan lirik lagu yang berisi rumus volume bangun ruang, 4) Guru menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu dan menerapkannya dalam pembelajaran volume bangun ruang.

Baca juga:  Menciptakan Suasana Kelas yang Nyaman

Menyanyi sangat efektif karena dalam waktu singkat rumus rumus matematika yang sudah dibuktikan, dengan cepat dapat di kuasai siswa. Pada awal pembelajaran dan dimana saja siswa dapat menyanyikan lagu tersebut. Dengan demikian bernyanyi merupakan suatu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak. Secara umum menyanyi bagi anak lebih berfungsi sebagai aktivitas bermain daripada aktivitas pembelajaran atau penyampaian pesan. Menyanyi dapat memberikan kepuasan, kegembiraan, dan kebahagiaan bagian sehingga dapat mendorong anak untuk belajar lebih giat.

Menyanyi ternyata merupakan hal yang disukai tidak hanya oleh anak-anak, namun juga semua umur. Menyanyi dapat menjadi sarana hiburan dan juga pembelajaran bagi semua usia dan golongan. Kita dapat memilih lagu-lagu yang pas untuk materi pembelajaran yang kita ajarkan, apabila sesuai maka disamping menghibur dan menjadi jeda dan dapat menghilangkan kejenuhan, menyanyi juga dapat menguatkan pemahaman anak terhadap materi yang diajarkan (Ma’rifah, 2009:25).

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Jawa Krama dengan Bermain Sandiwara

Metode Menyanyi membutuhkan kreativitas guru untuk menggubah rumus rumus atau materi pembelajaran menjadi lagu lagu yang disukai dan mampu membangkitkan semangat siswa sehingga dalam pembelajaran terkesan menyenangkan, penuh gairah, yang berdampak pada hasil belajar meningkat. (kd/zal)

Guru SDN 1 Karangdowo, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya