alexametrics

Market Day Ajarkan Siswa Kembangkan Jiwa Kewirausahaan

Oleh: Fajar Kurniawan,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi jeda tengah semester atau jeda semester bagi para siswa di berbagai jenjang pendidikan. Salah satunya adalah market day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk dari wali siswa dan siswa itu sendiri. Market day mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa. Seperti dilakukan para siswa SD Negeri Leban, Boja. Kegiatan tersebut guna mengisi Kegiatan Tengah semester (KTS) dan diikuti seluruh siswa kelas I-VI. Dalam kegiatan ini, sejumlah 12 siswa yang diambil dari perwakilan kelas I-VI bertugas sebagai penjual sedangkan siswa yang lain sebagai pembeli.

Mashud (2015:504) menjelaskan, market day merupakan salah satu contoh aplikasi pendidikan terinstegrasi pendidikan kewirausahaan yang melibatkan semua peserta didik dalam proses produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa berdasarkan kelas secara bergantian untuk membuat produk yang memiliki nilai dan bermanfaat bagi seluruh civitas academi sekolah. Untuk itu, siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi). Sedangkan siswa yang lain, termasuk para guru bertanggung jawab sebagai konsumen (pembeli). Kegiatan market day bisa dilakukan secara mandiri (memproduksi barang sendiri) atau secara klasikal (memproduksi barang dengan berkelompok) sesuai minat siswa dan produk yang akan dijual.

Baca juga:  Serunya Pendidikan Kespro Remaja melalui Modul Setara

Dijelaskan oleh Kepala SD Negeri Leban, Sunarsih,S.Pd, kegiatan market day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Berbagai karakter siswa juga dapat ditumbuhkan dari kegiatan market day ini. Di antaranya, karakter jujur, mandiri, kreatif, bekerja keras, pantang menyerah, teliti dan gotong-royong. Selain itu, kegiatan market day ini sebagai wujud implementasi dari pembelajaran dikelas 6 tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) subtema 3 (Usaha Pelestarian Lingkungan) IPS KD 3.3 dan 4.3 tentang peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat.

Melalui kegiatan market day ini, diharapkan sekolah dapat memberikan kontribusi kepada negara untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di era global. Selanjutnya dapat terwujud Negara Indonesia yang sejahtera dalam bidang ekonomi.

Baca juga:  Teka-Teki Silang dapat Merangsang Daya Kreativitas Siswa

“Market Day ini salah satu program sekolah dan baru pertama kali dilaksanakan, untuk mengenalkan jiwa enterpreneur. Sebagai bekal anak-anak terjun ke masyarakat setelah lulus nanti. Memang sekolah memberikan keleluasaan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitas,” jelas Sunarsih.

Dijelaskan pula dari pemilihan menu makanan dan minuman, serta konsep pemasaran dan manajemen usaha, diserahkan semuanya kepada siswa. Anak-anak diberi keleluasaan menggunakan kelas 5 dan kelas 6 sebagai lokasi tempat membuka usaha mereka dalam acara market day tersebut.“Dalam acara ini tidak ada intervensi dari guru atau sekolah. Anak-anak sendiri yang berkreativitas maunya seperti apa,” tandas Sunarsih.

Namun ternyata konsep para siswa dinilai luar biasa. Ruang kelas 5 dan 6 dirubah menjadi lapak-lapak sebagai pasar tradisional. Lapak-lapak tersebut ditata rapi sehingga pembeli mempunyai ruang yang leluasa untuk memilih dan membeli berbagai produk yang dijual dalam acara market day tersebut.

Baca juga:  Tingkatkan Membaca Kritis dalam PJJ dengan KWL

Market day sebagai ajang untuk mengasah kemampuan diri bidang kewirausahaan. Kegiatan ini memberi pengalaman kepada siswa bagaimana cara memproduksi, mengemas dan menawarkan barang dagangannya agar bisa laku di pasaran. “Tentunya ini sangat bermanfaat untuk bekal nanti setelah lulus. Pengalaman yang diperoleh dapat dikembangkan lagi saat nanti menempuh pendidikan di sekolah yang lebih tinggi,” ujar Sunarsih, S.Pd. (kd/aro)

Guru SD Negeri Leban, Kec. Boja, Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya