alexametrics

Evaluasi Belajar Asyik melalui Quizizz pada Materi Dongeng

Oleh : Nurmah Fitriyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Istilah evaluasi pembelajaran sering disamaartikan dengan ujian. Evaluasi pembelajaran menurut Lembaga Administrasi Negara (1987) dalam Dr. H. A Rusdiana (2014 : 10), selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa.

Definisi yang pertama dikembangkan oleh Ralph Tyler (1950). Ahli ini menyatakan bahwa evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai.

Evaluasi pembelajaran biasa dikaitkan dengan istilah tes. Tes adalah pemberian suatu tugas atau rangkaian tugas dalam bentuk soal atau perintah/suruhan lain yang harus dikerjakan oleh peserta didik (Rusydi Ananda, M.Pd, 2015: 11).

Di era sekarang, kita sudah tidak asing lagi dengan media digital. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya hal tersebut berdampak pada dunia pendidikan. Kecanggihan teknologi tersebut, dapat kita manfaatkan sebagai media belajar, dan dapat meningkatkan proses belajar mengajar.

Baca juga:  Pentingnya Memahami Pendidikan di Sekolah Dasar

Menurut Kemp. E. J (1980) dalam Muthmainah (2013 : 374) bahwa media pembelajaran mempunyai tiga manfaat yaitu memberikan motivasi, menyajikan informasi dan memberikan instruksi. Hal ini juga diperkuat oleh (Drs. M. Ramli, M.Pd. 200 : 7) bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu dalam mempercepat penyampaian materi dan mempermudah daya kepahaman siswa.

Banyak media pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru. Salah satunya media pembelajaran berbasis permainan yaitu quizizz. Quizizz bisa dimanfaatkan sebagai sarana evaluasi pembelajaran agar lebih menarik dan meningkatkan hasil belajar siswa. Quizizz sendiri merupakan aplikasi permainan pendidikan yang sifatnya menarik, naratif dan fleksibel.

Quizizz penulis terapkan pada evaluasi belajar materi menggali informasi dongeng di kelas 5 SDN Gulon 2 Kecamatan Salam. Metode ini dinilai tepat oleh penulis karena menyenangkan dan sangat menarik, serta menggunakan media digital.

Baca juga:  Mengatasi Kecanduan Game Online dengan Literasi

Dengan menggunakan quizizz, evaluasi belajar peserta didik menjadi asyik, menarik, dan menyenangkan. Adapun langkah-langkah metode ini adalah pertama buka web quizizz. Kemudian bila belum mempunyai akun silakan sign up. Lalu isi segala kententuan pendaftaran akun. Masuk aplikasi quizizz. Masukkan email dan password, dan tentukan model kuis, bisa membuat sendiri dengan klik create my quiz.

Aplikasi quizizz ini terdapat berbagai macam fitur lain yang bisa dimanfaatkan menjadi salah satu sarana guru dalam memberikan evaluasi belajar. Disamping mengerjakan tugas, siswa bisa merasakan pembelajaran yang tidak terlalu berat dalam memikirkan jawaban, karena dalam aplikasi quizizz memiliki tampilan segar dan kaya akan hal-hal yang menyenangkan.

Baca juga:  Penilaian Asyik dan Menarik dengan Quizizz

Sebuah permainan memang tidak akan lepas denga unsur kreatif, inovatif, petualangan, dan menyenangkan, yang kemudian bisa menumbuhkan motivasi positif keinginan belajar dari setiap peserta didik.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan quizizz untuk meningkatkan evaluasi belajar peserta didik sangat efektif. Karena fitur-fitur di dalamnya beragam, menarik dan menyenangkan.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar dan antusias peserta didik dalam mengikuti evaluasi belajar setelah menggunakan quizizz. Harapan penulis aplikasi ini dapat terus dijadikan media pembelajaran saat evaluasi belajar yang efektif dan efisien. (mj/lis)

Guru SDN Gulon 2, Kec. Salam, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya