alexametrics

Eksistensi Kesenian di Tengah Pandemi Covid

Oleh: Theresia Ratna Wiharyanti,S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KESENIAN merupakan sesuatu hal yang harus dipaparkan dan dipertunjukan didepan khalayak umum. Tanpa penonton apalah arti kesenian! Pekerja seni yang biasanya mereka hidup dari berkesenian kini mulai lenggang. Banyak pembatalan job, tidak pernah manggung lagi. Yang biasanya mereka bisa manggung setiap seminggu minimal tiga kali atau bahkan ada yang tiap hari harus keluar masuk dari satu café atau tempat hiburan lain. Tapi sekarang mereka hanya duduk dirumah sambil berdoa kapan pandemi akan berlalu.

Namun jangan salah keadaan disaat pandemi ini juga dirasakan oleh kalangan guru khususnya. Di mana kita harus mengajarkan mereka ilmu yang dapat membuat mereka menjadi berkewmbang dan bisa berguna untuk orang lain dan kelangsungan hidup mereka.

Keberadaan mata pelajaran Seni memiliki peran yang sangat penting didalam dunia pendidikan. Kaerena seni dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan mental pada peserta didik. Melalui pendidikan seni, perilaku peserta didik dapat terbentuk kearah yang lebih baik karena didalam pendidikan seni mengenalkan nilai-nilai yang ada dalam msyarakat kepada peserta didik. Nilai pendidikan karakter selalu ditanamkan pada siswa di sekolah melalui kurikulum, pembelajaran, dan budaya sekolah.

Baca juga:  Dengan Metode Talking Stick Hasil belajar Tematik Jadi Baik

Seorang guru kesenian akan merasa sangat kerepotan dalam memerankan tugasnya. Karena apa? Dalam hal kesenian bukan lah teori saja yang dapat dilihat secara tulisan dan kasat mata. Namun kesnian juga membutuhkan sebuah praktek yaitu intensitas dengan peserta didik. Intensitas disini dimaksudkan adalah seberapa sering kita bertemu dan mengamati peserta didik dalam proses pembelajaran. Karena kita tidak hanya menyuruh atau memberikan tugas begitu saja tanpa kita melihat mempraktekkan dan mengamati langsung perkembangan peserta didik.

Beberapa upaya yang harus kita lakuakn sebagai seorang guru khususnya guru seni di SMAN 1 Wonotunggal yaitu dengan mengandalakan teknologi yang ada saat ini, yang pertama kita dapat mengupload video pembelajaran yang kita buat menggunakan smatphone lalu kita beri link kepada peserta didik untuk dapat dilihat dan dipahamai oleh peserta didik. Yang kedua, kita juga harus bisa membuat konten berisi pembelajaran yang kreatif, menarik agar mudah dipahami oleh siswa konten tersebut bisa kita tautkan pada tiktok atau media sosial lainnya. Yang ketiga mengirimkan link video pembelajaran pembuatan karya seni yaitu guru dalam memberikan pemebelajaran meskipun secara daraing juga dapat melalui edukasi berbasis video, sehingga memudahkan peserta didik dalam menangkap berbagai materi.

Baca juga:  Pemerintahan Terkecil Mudahkan Pemahaman Pasal 23 Ayat 1 UUD 1945

Biasanya untuk menarik dan memberikan antusias peserta didik kita bisa mempamerkan hasil karya mereka melalui media sosial seperti halnya artis atau pekerja seni yang lain mereka mengandalakan konten youtube, instagram, tiktok dan sebagainya untuk mengupload hasil kreatifitas mereka.

Pendidikan merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang berperan sangat penting dalam suatu kehidupan guna meningkatkan daya pikir, ketrampilan, kecerdasan, bakat seseorang dan menjadikan seseorang bertanggung jawab terhadap sekitar. Di dalam sebuah mencapai keberhasilan pendidikan dibutuhkan ketekunan dan keseriusan. Belajar dengan cara apapun dan dimanapun bukanlah suatu hambatan dalam meraih kesuksesan seseorang terutama dalah kesenian. (wa1/zal)

Guru SMAN 1 Wonotunggal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya