alexametrics

Belajar IPA SD dengan Model Discovery Learning Menggunakan Diagram Venn

Oleh: Heri Setiawan, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang kehidupan dan alam secara sistematis.. Proses pembelajaran IPA di SD lebih menekankan langsung kepada anak untuk memahami konsep melalui proses penemuan atau discovery. Dengan model ini anak akan menjadi aktif dan merasakan langsung pengalaman untuk mengembangkan kemampuan diri agar dapat memahami alam dan lingkungan sekitarnya. Pengalaman ini sangat dibutuhkan untuk membantu peserta didik membangun pengetahuannya tentang konsep.

Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan di berbagai sekolah, pada dasarnya membutuhkan alat atau bahan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan anak didik karena ini lebih memudahkan anak untuk belajar. Alat ini sering disebut dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam suatu proses kegiatan pembelajaran.

Media salah satunya adalah mengarah pada sesuatu untuk meneruskan informasi (pesan) antara pemberi pesan dan penerima pesan. Menurut Azhar Arsyad (2011:15) fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh Guru.

Baca juga:  Pengajaran Akuntansi Jasa Lebih Mudah dengan Camtasia

Arif S. Sadiman, dkk (2011) menyebutkan bahwa kegunaan-kegunaan media pembelajaran sebagai berikut : Pertama, memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis. Kedua, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Ketiga, penggunaan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Keempat, memberikan perangsang belajar yang sama
Dari sinilah guru dituntut agar bisa menciptakan atau menggunakan media pada proses kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjadi sarana penyampaian pesan dan mempermudah pemahaman anak.

Setiap proses pembelajaran memiliki sebuah tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah pencapaian perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. (E.Kosasih, 2014:13). Sebagai guru kelas V di SD Negeri 02 Krasak faktor ini yang menggugah saya untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan mampu membantu menyampaikan pesan (informasi) sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Baca juga:  Bimbingan Konseling Online Asyik dari Guru BK di Masa Pandemi

Dalam mata pelajaran IPA pada materi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya saya menggunakan media pembelajaran berupa diagram venn. Diagram Venn diberi nama oleh seorang ahli logika Inggris yaitu John Venn. Jenis diagram ini sederhana hanya melibatkan dua, tiga atau beberapa elemen yang terus berkembang sehingga menjadi canggih, bahkan berkembang menjadi bentuk presentasi tiga dimensi. Diagram Venn digunakan untuk mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.

Diagram Venn ini saya modifikasi dengan membuat pola pola gambar binatang dalam bentuk kartun berwarna sehingga menarik dan membuat anak menjadi lebih mudah menggunakannya. Pada dasarnya kodrat anak adalah bermain, karena dengan belajar sambil bermain anak lebih bahagia dan mudah untuk menerima materi dan menemukan sendiri konsep dari pengalamannya.

Baca juga:  Metode Kooperatif Tipe STAD Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

Anak akan melakukan interaksi berdiskusi dengan kelompoknya sehingga semua anak memainkan perannya secara bergantian dengan diagram venn ini. Masing masing anak akan menempel bentuk gambar hewan sesuai dengan jenis makanannya pada diaram venn yang telah dibuat. Proses pembelajaran menggunakan Model Discovery Learning berbantu Diagram Venn Pengelompokan Hewan terbukti memberikan dampak positif pada hasil belajar.

Ternyata tidak perlu biaya besar dan teknologi canggih untuk melakukan sebuah inovasi dan kreasi dalam proses belajar. Niat dan panggilan jiwa untuk menuntun anak menemukan sendiri dari pengalamannya selama belajar akan lebih memberikan anak pemahaman. (kj1/zal)

Guru SDN 02 Krasak, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya